Ini 10 Penyanyi Rock Terhebat dan Legendaris di Dunia

Ini 10 Penyanyi Rock Terhebat dan Legendaris di Dunia

Naviri Magazine - Istilah “rock” telah menjadi istilah yang sangat terkenal di dunia, khususnya di bidang musik. Namun, hingga saat ini belum ada yang mendefinisikan secara jelas istilah ini. Sebagian pihak bahkan menganggap definisi rock yang ada saat ini membingungkan.

Definisi musik rock secara literal bisa dibilang problematik. Menurut Collins Cobuild English Dictionary, musik rock adalah jenis musik yang memiliki nada sederhana dan beat yang cepat, dimainkan dan dinyanyikan oleh sekelompok orang dengan gitar listrik dan drum. Tentu saja definisi ini dibantah oleh banyak pihak.

Ada banyak pengertian lain tentang istilah rock. Ada yang menandakannya berdasar karakteristik sound, ada pula yang sekadar mengontraskannya dengan musik pop, bahkan ada yang lebih menekankan pendefinisian musik rock berdasar proses pembuatan musiknya, semangat si pembuat musik, atau lirik yang terkandung di dalam lagu.

Terlepas dari itu, sejarah musik rock telah mencacat musisi-musisi hebat yang merajai panggung musik rock di dunia di era ‘60-‘90 an. Berikut adalah daftar 10 penyayi rock terhebat dan paling legendaris di dunia.

William Bruce Rose, Jr

William Bruce Rose, Jr, yang lebih dikenal dengan nama Axl Rose, lahir di Lafayette, Indiana, 6 Februari 1962. Dia adalah lead vocals Guns N’ Roses, band asal Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Musisi yang lebih dikenal dengan nama Axl Rose ini dikenal sebagai pemimpin sekaligus pendiri Guns N’ Roses (bersama Tracii Guns pada 1985). Sosok Axl ditubuh GNR begitu dominan, dia yang mengatur semua alur cerita GNR dalam “memulai pertualangannya”.

Michael Jackson 

Michael Jackson lahir pada 29 Agustus 1958. Dia dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai “The King of Pop” dan mempopulerkan gerakan dansa “moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya.

Albumnya yang dirilis pada 1982, Thriller, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Menurut Guinness Book Of World Records, album ini terjual 65 juta kopi hingga tahun 2007. Hingga hari ini, album Thriller masih terjual 130 ribu keping tiap tahun di Amerika.

Michael Jackson memulai karir bernyanyi pada usia lima tahun, sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi The Jackson 5) yang menelurkan banyak hits seperti ABC, dan I’ll Be There. Setiap album Michael Jackson selanjutnya terjual puluhan juta keping, dan bila ditotal bisa berjumlah 200-an juta keping terjual di seluruh dunia.

Elvis Aaron Presley 

Elvis Aaron Presley lahir pada 8 Januari 1935, dan dikenal sebagai penyanyi rock ‘n’ roll legendaris Amerika Serikat. Ia juga produser musik dan aktor. Julukannya adalah “The King of Rock N Roll”.

Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock ‘n’ roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock ‘n’ roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan musisi rock ‘n’ roll penerusnya.

Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri massa (kebanyakan remaja) dalam jumlah sangat besar. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya, menjadi simbol bagi musik rock ‘n’ roll, dan banyak ditiru penggemarnya. Hingga saat ini, Elvis masih dipercaya oleh penggemar beratnya bahwa ia masih hidup, hanya saja entah di mana
keberadaannya.

James Brown 

James Brown lahir pada 3 Mei 1933 di Barnwell, South Carolina, AS. Brown, yang menjuluki dirinya “Godfater of Soul”, juga dikenal sebagai “Soul Brother Number One” dan “The Hardest Working Man in Show Business”. Brown masih terus manggung, setidaknya dalam setahun ia mampu menggelar 100 pertunjukan.

Sepanjang hidupnya, Brown telah menerima sederet penghargaan. Sebut saja, dua tropi Grammy, sebuah Grammy Lifetime Achievement Award pada 1992, dan sebuah penghargaan bergengsi Kennedy Center Honors pada Desember 2003.

Kurt Donald Cobain 

Kurt Donald Cobain, yang lebih dikenal dengan nama Kurt Cobain, lahir pada 20 Februari 1967. Dia penyanyi, penulis lagu, dan gitaris band grunge asal Seattle, Nirvana. Bersama suksesnya band ini, Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati. Dia juga dianggap sebagai pendobrak kemapanan.

Pada 1991, lagu Cobain yang paling terkenal, Smells Like Teen Spirit, melejit di dunia, dan menandai awal perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer di tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop, ke grunge dan alternative rock.

James Douglas Morrison 

James Douglas Morrison, yang lebih dikenal dengan nama Jim Morrison, lahir pada 8 Desember 1943, dan dikenal sebagai penyanyi, penulis puisi, penulis lagu, dan sutradara film.

Dia paling dikenal sebagai penyanyi band The Doors, dan seluruh dunia mengengenangnya sebagai sosok yang paling kharismatik serta paling berpengaruh dalam sejarah musik dunia. Dia juga dikenal seorang  penulis buku-buku/kumpulan puisi dan sutradara film pendek dan dokumenter.

Dengan The Doors, Morrison menelurkan 6 album yang semuanya mendapat sertifikat Platinum oleh RIAA. Single mereka yang sempat nangkring di puncak tangga lagu adalah Light My Fire dan Hello, I Love You.

Tidak kurang seorang Scott Weiland, vokalis STP dan Velvet Revolver, juga Scott Stapp dari band Creed mengklaim terpengaruh atau terinspirasi Jim Marrison.

Paul David Hewson

Paul David Hewson, yang lebih dikenal dengan nama Bono, lahir pada 10 Mei 1960. Bono merupakan nama panggungnya, sementara nama julukannya adalah Bono Vox. Dia vokalis utama kelompok musik rock Irlandia, U2.

Sejak pertengahan ‘80-an, Bono telah aktif menggalang dana lewat konser Band Aid dan konser Live Aid serta Live 8. Semenjak 1999, ia semakin terlibat dalam melakukan kampanye penghapusan utang dunia ketiga dan penderitaan Afrika.

Selain mengurusi band, Bono membentuk sebuah organisasi yang dinamai “DATA”, yang merupakan singkatan Debt, Aids, Trade in Africa (Utang, AIDS, Perdagangan di Afrika). Fokus organisasi ini adalah membangkitkan kesadaran tentang apa yang diklaimnya sebagai utang Afrika yang tidak dapat terbayar, AIDS yang tak terkendali, dan aturan-aturan perdagangan yang merugikan rakyat miskin benua itu.

Sir Michael Philip “Mick” Jagger

Sir Michael Philip “Mick” Jagger adalah nama lengkap Mick Jagger, vokalis The Rolling Stones. Ia lahir pada 26 Juli 1943, dan dikenal sebagai musisi rock, aktor, penulis lagu, produser, serta pengusaha berkebangsaan Inggris. Ia terutama dikenal sebagai vokalis utama grup musik The Rolling Stones.

Pada 26 September 2007, Mick Jagger dan The Rolling Stones mencetak penjualan tiket konser 437 juta dollar selama menggelar A Bigger Bang Tour, dan berjanji untuk tidak pensiun. “Aku yakin The Rolling Stones akan melakukan hal-hal yang lebih lagi, dan terus rekaman, dan terus tur. Kami tak punya rencana menghentikan kenyataan-kenyataan itu,” ucap Mick Jagger.

John Winstron Lennon 

John Wonstron Lennon lahir pada 9 Oktober 1940, dan dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis, dan aktivis politik, yang terkenal di seluruh
dunia sebagai pemimpin The Beatles.

Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses dan berhasil hingga saat ini. Lennon dengan sinismenya, dan mcCartney dengan optimismenya, melengkapi satu sama lain dengan sangat baik.

Setelah bubarnya The Beatles pada 1970, ia juga sukses dengan karir solonya. Salah satu hitsnya yang hingga kini masih sangat terkenal adalah Imagine, lagu yang kemudian menjadi salah satu himne perdamaian dunia.

James Alan Hetfield

James Alan Hetfield lahir pada 3 Agustus 1963, di Downey, California, dan dikenal sebagai penulis lagu serta vokalis Metallica. Ia mendirikan grup musik itu bersama drummer Lars Ulrich dan gitaris Kirk Hammett.

Karena kehebatan dalam menciptakan lagu dan meramu musik cadas yang tetap enak didengar, tidak salah kalau Metallica mendapat predikat sebagai The King of Heavy/Trash Metal. Tidak sedikit band lain yang terpengaruh pada lagu dan gaya aksi panggung mereka.

Related

Music 676719410031903861

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item