Penyebab Tumbangnya Facebook dan Instagram Akhirnya Terungkap

Penyebab Tumbangnya Facebook dan Instagram Akhirnya Terungkap

Naviri Magazine - Ketika suatu layanan digunakan oleh miliaran orang mengalami masalah, masalah itu pun berdampak pada para penggunanya. Kenyataan itu terjadi ketika Facebook mengalami masalah hingga tidak bisa diakses. Layanannya tumbang, yang berdampak pada keluarga aplikasinya, seperti Instagram dan WhatsApp.

Gangguan ini tidak berlangsung sebentar, bahkan sampai berjam-jam. Terpantau layanan Facebook dan keluarganya baru pulih kembali sekitar pukul 10.30 WIB, Kamis (14/3). Alhasil, para pengguna menyuarakan protesnya terhadap gangguan yang dialami Facebook di media sosial Twitter.

Setelah menjadi misteri, akhirnya Facebook mengungkap penyebab tumbangnya layanan mereka kemarin. Facebook mengungkapkan, mereka melakukan perubahan konfigurasi server yang menyebabkan sejumlah layanannya tidak bisa diakses.

"Kemarin, sebagai akibat dari perubahan konfigurasi server, banyak orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami. Kami sekarang telah menyelesaikan masalah dan sistem kami telah pulih. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan menghargai kesabaran semua orang," tulis Facebook, dalam postingan di Twitter.

Selama berjam-jam pada Kamis (14/3) lalu sebagian besar pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp, dibuat kesal karena mereka tidak bisa login, membuat postingan, atau mengunggah Stories. Sementara pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim gambar dan meng-upload Status.

Gangguan ini dialami oleh pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Facebook sudah meminta maaf melalui media sosial yang juga kompetitornya, Twitter. Mereka juga menegaskan bahwa peristiwa ini bukan akibat serangan DDoS (distributed denial-of-service) dari hacker.

Tidak diketahui apa yang menjadi pemicu Facebook melakukan konfigurasi server dan membuat ketiga layanan media sosial mereka sempat terganggu secara bersamaan. Memang selama ini Facebook memakai satu server yang sama untuk tiga layanannya, yaitu Facebook, Instagram, maupun WhatsApp.

Bisa saja spekulasi ini mengarah pada rencana rencana besar mereka untuk proyek penggabungan sistem, di mana ketiga layanan tersebut akan saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.

Related

Internet 4924177032236039363
item