Qatar, Negara Kaya yang Rakyatnya Tidak Perlu Bayar Pajak

Qatar, Negara Kaya yang Rakyatnya Tidak Perlu Bayar Pajak

Naviri Magazine - Qatar tercatat sebagai negara terkaya di dunia berkat kekayaan gas buminya. Potensi penerimaan negara pun bergantung dari kekayaan alam tersebut. Karenanya, Qatar menanamkan investasi infrastruktur secara besar-besaran untuk melancarkan ekspor gas ke berbagai daerah.

Dengan potensi yang besar dari gas sebagai faktor terbesar penerimaan negara, pemerintah Qatar pun tidak mengenakan pajak penghasilan pribadi, dividen, royalti, laba, capital gain, atau pun properti.

Yang mendapat kewajiban membayar pajak adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor industri perminyakan dan gas alam. Mereka dikenai pajak sebesar 35 persen.

Meski tidak membayar pajak penghasilan, warga negara Qatar harus membayar 5 persen dari penghasilan mereka untuk biaya keamanan sosial. Sedangkan perusahaan harus membayar 10 persen untuk pendanaan tersebut. Di samping itu, pemerintah Qatar masih memperoleh pajak tidak langsung dari barang impor, sebesar 5 persen.

Related

World's Fact 3741050452865057220

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item