Robot ini Akan Segera Menggantikan Pekerjaan Buruh di Pabrik

Robot ini Akan Segera Menggantikan Pekerjaan Buruh di Pabrik

Naviri Magazine - Jika sebelumnya kita hanya bisa melihat para robot menggantikan tugas manusia di pabrik di film-film fiksi ilmiah, sekarang hal tersebut menjadi kenyataan lewat hadirnya robot 'Baxter'.

Baxter adalah sebuah robot berbentuk mirip manusia (minus kaki) yang sanggup melakukan tugas khas buruh pabrik seperti memeriksa, menyortir, merakit, hingga mengepak barang dalam kardus. Hebatnya, Baxter bisa melakukan tugas khas 'mesin' seperti menimbang barang. Bagaimana hal tersebut bisa dilakukannya?

Rethink Robot, sebagai produsen Baxter, telah memberikan desain unik pada robot tersebut untuk menggantikan tugas manusia dalam assembly line atau proses produksi. Dengan tinggi hampir dua meter, robot ini dilengkapi dua tangan yang memiliki 5 sendi sekaligus, untuk memudahkannya memindahkan barang.

Dalam tubuh Baxter terdapat sebuah komputer yang terhubung dengan beberapa saluran pengisap yang digunakan untuk mengatur 'pengisapan' benda, karena Baxter memang tidak dibekali jari layaknya manusia. Jadi, robot ini memegang atau mengangkat benda dengan cara menempelkan alat penyedot pada permukaan benda tersebut.

Menariknya, mata robot ini terletak di tangannya. Pada ujung lengan Baxter terdapat kamera yang bisa dipergunakan untuk 'mengajari' robot pabrik ini.

Baxter memang tak dibekali software rumit yang membutuhkan input khusus untuk menjalankannya. Pengguna tinggal mencontohkan apa yang harus dilakukan oleh Baxter. Selain itu, terdapat fitur istimewa di mana pengguna bisa meng-copy dan paste hasil perintah untuk menghasilkan fungsi kerja yang beragam di robot yang telah dijual dengan harga Rp 300 juta ini.

Rethink Robot mengungkapkan, Baxter adalah satu-satunya robot pabrik yang paling aman digunakan bersama-sama dengan manusia saat ini. Karena Baxter memiliki sensor-sensor yang memungkinkannya menghindari kontak berbahaya dengan manusia.

Jika mengalami kerusakan yang mengakibatkan robot ini hilang kendali, Rethink Robot telah menambahkan sebuah tombol terpisah untuk mematikan Baxter dari jauh, sebagaimana dilansir dari ArsTechnica.

Related

Technology 2172346366612504926
item