Memahami Sistem Ekonomi Liberal di Dunia dan Ciri-cirinya

Memahami Sistem Ekonomi Liberal di Dunia dan Ciri-cirinya

Naviri Magazine - Ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang bergerak menuju pasar bebas dan berpaham perdagangan bebas dalam era globalisasi, yang bertujuan menghilangkan kebijakan ekonomi proteksionisme.

Sistem ekonomi liberal adalah filosofi perekonomian kebebasan individu. Teori itu juga bersifat membebaskan individu untuk bertindak sesuka hati sesuai kepentingan dirinya sendiri, dan membiarkan semua individu untuk melakukan pekerjaan tanpa pembatasan, yang tujuannya menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat luas (konsumen).

Sebagian negara di dunia menganut ekonomi liberal, khususnya negara-negara di wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

Umumnya, sistem ekonomi liberal memiliki ciri sebagai berikut:
  • Semua sumber produksi adalah milik masyarakat atau individu.
  • Masyarakat diberi kebebasan dalam memiliki sumber-sumber produksi.
  • Pemerintah tidak ikut campur tangan secara langsung dalam kegiatan ekonomi.
  • Masyarakat terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan pemilik sumber daya produksi dan masyarakat pekerja (buruh).
  • Timbul persaingan dalam masyarakat, terutama dalam mencari keuntungan.
  • Kegiatan selalu mempertimbangkan keadaan pasar.
  • Pasar merupakan dasar setiap tindakan ekonomi.
  • Biasanya barang-barang produksi yang dihasilkan bermutu tinggi.

Sistem ekonomi liberal memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungannya antara lain menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi, karena masyarakat tidak perlu lagi menunggu perintah/komando dari pemerintah.

Setiap individu bebas untuk memiliki sumber-sumber daya produksi, yang nantinya akan mendorong partisipasi masyarakat dalam perekonomian. Timbul persaingan semangat untuk maju dari masyarakat dalam menghasilkan barang-barang bermutu tinggi, karena adanya persaingan.

Selain itu, efisiensi dan efektivitas menjadi tinggi, karena setiap tindakan ekonomi didasarkan motif mencari keuntungan.

Sedangkan kelemahan atau kerugian sistem ekonomi liberal di antaranya adalah terjadinya persaingan bebas yang tidak sehat, khususnya jika birokratnya korup. Masyarakat yang kaya akan cenderung semakin kaya, sedang yang miskin semakin miskin, karena banyaknya praktik monopoli. Selain itu, pemerataan pendapatan sulit dilakukan karena adanya persaingan bebas.

Related

Science 2682437277078453961

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item