Ternyata ini Manfaat Flashing Pada Smartphone

Ternyata ini Manfaat Flashing Pada Smartphone

Harga Xiaomi Mi4 saat ini sudah turun dibandingkan saat pertama kali rilis pada Agustus 2014 lalu. Berbekal satu jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang HP pabrikan Tiongkok ini.

Dengan modal 1 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan HP layar 5 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Pada sektor dapur pacu, HP ini ditenagai prosesor Quad Core 2.5 GHz yang didukung oleh Qualcomm Snapdragon 801 dan RAM berkapasitas 3GB. Kapasitas memori internal smartphone ini cukup besar, yaitu sebesar 16 GB, yang membuat Anda cukup leluasa menyimpan foto, video, aplikasi dan data-data lainnya.

Meskipun didukung teknologi dengan kualitas yang apik, tak jarang smartphone mengalami masalah yang tidak bisa Anda prediksikan. Bahkan beberapa jenis masalah pada smartphone mengharuskan Anda meng-install ulang atau istilahnya adalah flash HP.

Anda tentu tidak asing dengan istilah tersebut. Bahkan mungkin Anda sudah pernah melakukannya.

Pengertian Flashing Smartphone

Flashing adalah sebuah proses install ulang software pada android. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki masalah yang timbul pada software, memperbaharui program, bahkan bisa juga digunakan untuk menurunkan versi software saat ini.

Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk flashing smartphone, yaitu :

1. Melalui OTA (Over The Air)

Yaitu proses flashing yang dilakukan menggunakan HP Anda sendiri.

2. Melalui PC Suite

Yaitu proses flashing dengan menggunakan bantuan komputer.

3. Melalui Mi Flash Tools

Jika Anda memiliki Xiaomi Mi4 karena harga Xiaomi Mi4 yang sangat terjangkau, Anda bisa menggunakan cara ini untuk flashing HP Anda. Flashing dengan cara ini menggunakan program tools yang telah disediakan oleh Xiaomi. Mi Flash Tools ini
berbentuk fastboot.

Flashing Memperbaiki Masalah Smartphone

Flashing smartphone berguna untuk mengatasi masalah serius yang dialami oleh sistem operasi atau software pada HP. Beberapa kerusakan sistem yang bisa disembuhkan dengan cara flashing ini antara lain:

1. Bootloop

Yaitu terjadinya proses booting secara berulang-ulang, atau perangkat android Anda tidak berhasil masuk ke dalam sistem.

2. Aplikasi force close

Aplikasi tiba-tiba berhenti ketika sedang digunakan, bisa menjadi tanda smartphone Anda butuh proses flashing.

3. Virus malware

Baik smartphone yang dibanderol dengan harga tinggi puluhan juta maupun smartphone dengan harga terjangkau seperti harga Xiaomi Mi4 , jika sudah terkena virus malware, tidak akan mampu melakukan kinerja secara maksimal. Karena itu, smartphone Anda membutuhkan flashing untuk membuatnya berjalan normal kembali.

4. Muncul iklan yang tidak bisa dihapus

Beberapa aplikasi gratis yang Anda download, akan menampilkan iklan ketika smartphone Anda terhubung ke internet. Jika iklan yang muncul tidak bisa dihapus dan membuat HP Anda tidak bisa dipakai untuk hal apapun, Anda sebaiknya melakukan proses flashing untuk memperbaikinya.

Flashing untuk Upgrade Firmware

Selain memperbaiki masalah pada smartphone, flashing juga dapat digunakan untuk upgrade firmware atau software. Upgrade firmware dibagi menjadi dua jenis, yaitu upgrade firmware official dan non-official.

Maksud dari upgrade firmware official adalah upgrade yang dilakukan sesuai dengan rilisan vendor HP atau vendor resmi HP-nya. Sedangkan yang non-official, upgrade yang dilakukan sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar performanya semakin tinggi.

Itulah beberapa manfaat melakukan proses flashing pada smartphone Anda. Jika smartphone Anda mengalami masalah atau butuh upgrade, jangan sungkan untuk melakukan flashing. Tapi harus hati-hati dalam proses flashing, karena hal terburuk yang bisa terjadi dari proses tersebut adalah HP Anda jadi mati total. Kalau sudah begitu, Anda tidak bisa memperbaikinya lagi dan perlu ganti HP dengan yang baru.

Jika butuh ganti HP baru, coba saja ganti HP Anda dengan Xiaomi Mi4. Harga HP Xiaomi Mi4 sangat terjangkau untuk kantong Anda. Langsung cek di aplikasi atau laman Bukalapak. Anda juga bisa cek harga headset Xiaomi melalui Bukalapak. Transaksi aman dan mudah menjadi alasan mengapa banyak orang memilih berbelanja di Bukalapak.

Related

Smartphone 5442240040931146383

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item