Upaya Google Memerangi Virus dan Malware di Dunia Maya

Upaya Google Memerangi Virus dan Malware di Dunia Maya

Naviri Magazine - Tak henti-hentinya sejumlah vendor teknologi membantu user untuk menjauhi malware yang merajalela di dunia maya. Orang di balik malware (program berbahaya) diketahui semakin licik dan memakai kesempatan sekecil apa pun untuk menjerat korbannya. Untuk itulah, Google mengeluarkan fitur baru dalam mesin pencarinya, yang bisa membantu Anda agar tidak terjebak malware.

Fitur baru Google ini berupa notifikasi pada hasil pencarian yang muncul pada situs yang mencurigakan. Peringatan ini bukan yang pertama kalinya dibesut oleh Google, terkait malware yang tak pernah mati di jagad maya.

Kini, notifikasi terbaru tersebut akan langsung nongol di search result, berupa kalimat “This site may be compromised”. Kalimat ini hanya akan muncul di situs yang memang dicurigai telah disusupi pihak ketiga, terutama spam.

Dengan mengklik kalimat tersebut, user akan digiring menuju artikel Google di Help Center, di mana pengguna internet akan dijelaskan lebih lanjut mengenai peringatan tersebut. Sebaliknya, jika user nekat mengklik hasil pencarian itu, maka mereka akan menjadi korban jebakan penjahat cyber, dan risiko pun akan menghadang seperti pencurian identitas pribadi.

Google, dalam blog resmi mereka, mengatakan bahwa mereka memakai sejumlah tools yang berbeda untuk mendeteksi tanda-tanda situs yang telah di-hack secepat mungkin. Ketika situs tersebut memiliki tanda-tanda mencurigakan, maka Google segera menambahkan notifikasi pada hasil pencarian.

Selain itu, Google juga berusaha menghubungi si pemilik situs atau webmaster agar menindaklanjuti aksi jahat tersebut. Google berharap para webmaster mengapresiasi notifikasi tersebut, karena dengan begitu mereka akan lebih cepat mengetahui aksi pencemaran situs mereka, dan segera mengambil langkah pemulihan.

Bila pemulihan telah dilakukan, maka label peringatan yang disematkan Google akan dicabut secara otomatis.

Meskipun Google telah memberikan notifikasi pada Anda mengenai situs ‘beracun’, namun aksi memberikan pengaman pada PC Anda masih menjadi langkah yang terbaik. Selain itu, tips untuk menghindar dari serangan malware ataupun serangan cyber lainnya adalah dengan berhati-hati dalam mengklik sebuah alamat situs. Tidak semua hasil pencarian dari mesin pencari itu aman.

Seringkali user mengklik hasil pencarian teratas yang mereka anggap paling aman dan relevan. Akan tetapi, dengan semakin cerdiknya para pejahat cyber, situs-situs tersebut bisa jadi telah disuntik oleh program jahat atau virus, sehingga si user pun masuk ke jeratan maut. 

Related

Internet 4473048647960071126

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item