Peneliti Temukan Virus yang Bisa Ubah Korbannya Menjadi Batu

Peneliti Temukan Virus yang Bisa Ubah Korbannya Menjadi Batu

Naviri Magazine - Dunia penelitian terus melakukan upaya penyingkapan atas hal-hal yang tak diketahui sebelumnya. Dan sering kali, upaya penelitian itu menghasilkan temuan-temuan yang mengejutkan. Yang terbaru adalah virus medusa.

Dalam mitos Yunani Kuno, Medusa adalah makhluk yang berwujud seorang wanita cantik dengan ular-ular sebagai rambutnya. Siapa pun yang menatap langsung mata Medusa, maka orang tersebut akan berubah menjadi batu.

Dalam sebuah riset, para peneliti dari Jepang menemukan virus yang memiliki kekuatan seperti Medusa. Virus ini, menurut para peneliti, sanggup mengubah korbannya menjadi batu.

Dalam makalah hasil riset yang telah diterbitkan di Journal of Virology, mereka menyebut virus ini sebagai medusavirus. Virus ini termasuk ke dalam kelompok "virus raksasa" dan memiliki genom lebih besar dibandingkan dengan kebanyakan virus pada umumnya.

Virus tersebut menginfeksi organisme bersel tunggal yang dikenal sebagai Acanthamoeba castellanii. Ketika peneliti menginfeksi jenis ameba ini dengan medusavirus, pada ameba ini terbentuk "cangkang" yang mengembang kian tebal, hingga akhirnya si ameba memasuki fase non-aktif encystment. Ini adalah kondisi alami yang dilakukan ameba sebagai respons terhadap stres pada lingkungannya.

Medusavirus memang tidak memiliki kepala yang dipenuhi ular seperti sosok Medusa. Tapi uniknya, virus ini memiliki lebih dari 2.600 paku di kepalanya.

Selain itu, secara karakteristik, virus ini juga cukup berbeda dari virus lainnya. Karena keunikan-keunikannya, virus ini kemudian diklasifikasikan ke dalam famili baru, medusaviridae.

"Medusavirus merupakan virus raksasa unik yang masih mempertahankan jejak-jejak kuno dari (hasil) interaksi evolusi (antara) inang dan virusnya," tutur tim peneliti di Kyoto University dan Tokyo University of Science.

Ini menunjukkan bahwa medusavirus telah menginfeksi ameba sejak "zaman kuno", dan kedua mikroorganisme ini telah bertukar gen selama proses evolusinya.

Meski terdengar menyeramkan, kita sebagai manusia tak perlu khawatir. Karena, sebagai dikutip dari Live Science, sejauh ini hanya ameba saja inang yang dapat diubah menjadi batu oleh medusavirus.

Related

Science 5185823795811025757
item