Asal Usul Nama Gotham City dan Kisah Penulis Legendaris

Asal Usul Nama Gotham City dan Kisah Penulis Legendaris

Naviri Magazine - Nama Washington Irving mungkin tidak populer bagi generasi masa kini, khususnya yang memang kurang dekat dengan kesastraan. Namun, bagi generasi zaman dulu, atau bagi orang yang biasa membaca karya sastra, nama Washington Irving pasti terdengar akrab. Karena dia adalah penulis terbesar yang dilahirkan Amerika.

Pernah mendengar nama Gotham City? Penggemar tokoh, komik, dan film Batman pasti tahu! Gotham adalah kota tempat Batman sering beraksi. Tahukah Anda, sebelumnya nama itu dipopulerkan oleh Washington Irving untuk New York City, yang diekspresikan sebagai kota penghasil dollar.

Lantas, pernah menonton film Ghost Rider? Setidaknya, film arahan Mark Steven Johnson yang dibintangi Nicolas Cage dan Eva Mendes itu juga terinspirasi dari karya Washington Irving…

Ia populer sebagai penulis esai satir, pengarang cerita pendek bertema hantu dengan lelucon, dan penulis biografi sejarah. Ia bersimpati pada suku-suku Indian penghuni asli benua Amerika, yang tergusur oleh kolonialisasi Eropa.

Sebagai sastrawan, ia punya nama besar dengan sederet alias: Geoffrey Crayon, Diedrich Knickerbocker, Jonathan Oldstyle. Nama Washington Irving terpatri dan mewangi di daratan Amerika Serikat.

Namanya diabadikan sebagai nama tempat. Ada sebuah desa diberi nama Irvington di New York, ada juga Kota Irvington di New Jersey, serta Kota Irving di Texas. Juga dua nama jalan besar di Alabama, yakni Washington Street dan Irving Street di Birmingham.

Buku karyanya, Bracebridge Hall, telah menginspirasi penamaan untuk sebuah Kota Bracebridge di Ontario. Selain itu, sebuah perpustakaan di Los Angeles juga memakai namanya sebagai penghormatan.

Penghargaan abadi buatnya juga terpatri dalam penamaan Irving Avenue di Port Chester, New York. Juga untuk Washington Irving Memorial Park and Arboretum di Bixby, Oklahoma. Begitu harumnya nama Washington Irving.

Di Spanyol, tempat Irving pernah bertugas dan tinggal di Alhambra, ada sebuah ruangan yang kemudian didedikasikan sebagai ruangan pribadinya, dan juga ada sebuah hotel memakai namanya.

Sebuah sekolah Washington Irving High School (New York City) justru semakin mengharumkan namanya. Termasuk pemberian nama Irving Place di seberangnya. Bukan hanya itu, ada lagi sekolah Washington Irving High School di Clarksburg, West Virginia.

Nama besar itu diraihnya lewat berbagai tulisan, karangan, karya literatur, dan tindakan sosial. Berawal dari buku pertamanya, “A History of New-York from The Beginning of The World to The End of The Dutch Dynasty, by Diedrich Knickerbocker” (1809).

Related

History 272185935807281393

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item