Bagaimana Air Panas Bisa Muncul dan Keluar dari Dalam Tanah?

 Bagaimana Air Panas Bisa Muncul dan Keluar dari Dalam Tanah?

Naviri Magazine - Sumber air panas adalah sumber air yang terdapat di daerah gunung api yang sudah mati. Meski begitu, batu-batuan gunung tersebut yang masih membara bisa memanaskan air yang dikeluarkannya.

Jika air yang dipanaskannya terlalu panas, maka akan keluar dalam bentuk pancaran uap yang bercampur air panas. Itulah yang disebut geyser. Di Taman Nasional Yellowstone, Amerika, terdapat geyser yang memancarkan air panas setiap 65 menit, setinggi 37 sampai 46 meter ke udara.

Mengapa air panas bisa keluar dari tanah?

Tanah mendapatkan air dari hujan yang turun ke Bumi. Air itu kemudian meresap ke dalam tanah, dan masuk ke bagian dalam Bumi. Ada kalanya, air tersebut sampai di bagian Bumi yang panas. Kemudian, karena suatu tekanan, air itu lalu keluar dari dalam tanah. Air yang keluar dari celah tanah semacam itu disebut mata air.

Jika air itu berasal dari tanah yang sangat dalam, air yang keluar akan terasa panas. Hal itu disebabkan karena bagian dalam Bumi yang panas ikut memanaskan air tersebut.

Related

Science 1868042054117765634

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item