Buat Ibu, Sebaiknya Bayi Tidak Dimandikan Pada Malam Hari

Buat Ibu, Sebaiknya Bayi Tidak Dimandikan Pada Malam Hari

Naviri Magazine - Sebagian masyarakat meyakini bahwa mandi malam berbahaya untuk kesehatan, tapi hal itu belum terbukti sepenuhnya, karena hingga kini studi tentang bahaya mandi malam masih terbatas. Meski begitu, bukan berarti mandi malam bebas dilakukan oleh siapa saja, terutama pada bayi.

Para pakar meyakini bahwa bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun drastis, hingga di bawah 35°C dari suhu normal 37°C.

Bayi rentan mengalami hipotermia, karena belum sempurnanya kemampuan tubuh mengatur suhu. Segera cari bantuan medis bila sehabis terkena air dingin, bayi tampak bernapas cepat, pucat, suhu tubuh dingin, gemetaran, dan terlihat kelelahan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk memandikan bayi pada malam hari. Jika bayi memang butuh dimandikan pada sore atau malam hari, gunakan air hangat bila suhu udara dingin. Setelah memandikan bayi, segera keringkan bayi dengan handuk dan baringkan di kasur yang hangat, agar bayi dapat nyaman setelah mandi dan bisa tidur nyenyak saat malam.

Sebenarnya, memang tidak ada patokan yang baku mengenai jam berapa seharusnya memandikan bayi. Yang terpenting adalah kegiatan memandikan tidak membuat bayi kedinginan, dan jam mandi tidak berubah-ubah, agar tubuh bayi bisa menyesuaikan rutinitas mandinya. Sebagian orang tua memilih memandikan bayinya pada pagi hari sekitar pukul 9.00-11.00.

Related

Parenting 762218309125082128

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item