Biografi Marcel Proust, Penulis Legendaris Asal Prancis

Biografi Marcel Proust, Penulis Legendaris Asal Prancis

Naviri Magazine - Marcel-Valentin-Louis-Eugène-Georges Proust, atau yang lebih dikenal dengan nama Marcel Proust, adalah seorang novelis, esais, cendekiawan, dan kritikus Prancis yang terkenal. Dilahirkan pada 10 Juli 1871 di Auteuil, Paris, Marcel Proust menyelesaikan pendidikannya di bidang hukum di Universitas Sorbonne.

Sejak berusia sembilan tahun, Marcel Proust telah terserang asma, dan hal itu menjadikannya sering sakit-sakitan. Pada tahun 1882, pada usia sebelas tahun, dia bersekolah di Condorcet Lycée, tetapi pendidikan itu terganggu karena kondisinya yang sering sakit.

Meskipun demikian, ia dikenal hebat dalam sastra, dan menerima penghargaan di waktu kelulusan.

Proust telah mulai menulis sejak usia dini. Pada waktu masih bersekolah, ia aktif menulis untuk majalah sekolahnya, begitu pula ketika berkuliah. Setelah itu, dia pun banyak menerbitkan tulisannya di berbagai jurnal dan majalah.

Nama Proust menjadi sangat terkenal ketika menulis “À la Recherche du Temps Perdu” (Mencari Waktu Yang Hilang), yang dianggap sebagai karya monumental dalam fiksi abad ke-20, yang berisi tujuh volume, dan diterbitkan dari 1913 sampai 1927. Selain itu, dia juga menulis autobiografinya dalam buku “Remembrance of Things Past” yang juga sama terkenalnya.

Karya-karyanya yang lain adalah “Contre Sainte-Beuve”, “Pastiches et mélanges”, dan “Les plaisirs et les jours”. Proust meninggal dunia pada 10 Oktober 1922, karena radang paru-paru.

Related

Figures 7806666062014590581

Recent

item