Cara Menghemat Storage dan Penggunaan Data di Ponsel Android

Cara Menghemat Storage dan Penggunaan Data di Ponsel Android

Naviri Magazine - Pada 2017, Google melepas dua apliasi yang bisa meningkatkan performa ponsel pintarmu. Yaitu Files Go dan Datally.

Datally adalah program manajemen data yang memungkinkan penggunanya mengawasi dan mengatur berapa banyak data yang digunakan masing-masing aplikasi dalam sebuah ponsel. Misalnya, jika kamu membuka WhatsApp yang jelas-jelas memerlukan sambungan internet agar bisa berfungsi, kamu harus terlebih dulu memberikan persetujuan penggunaan data lewat sebuah sebuah pop-up window.

Datally menjagamu disiplin memanfaatkan paket data internetmu.

Sementara itu, Files Go sangat bermanfaat untuk menghapus sampah data di ponsel. Program ini akan menemukan duplikat data dan program yang jarang banget digunakan.

Nah, data dan aplikasi nganggur seperti itu bisa dihapus atau di-backup ke Google Drive, biar memori ponselmu tetap lega. File Go jika bisa digunakan untuk mengirim file pada pengguna File Go lainnya lewat sambungan hotspot Wi-Fi, mirip seperti fungsi AirDrop di produk Apple.

Copy dan paste dengan lebih nyaman dan gampang

Jika kamu termasuk sering melakukan copy-paste di ponsel Android, ada baiknya kamu mengecek fungsi Clipboard, yang mampu menyimpan sampai 20 entri. Fungsi jangka pendek ini bisa kamu kulik untuk mengakses kopian nomor ponsel, alamat, atau kutipan, yang sudah kamu salin.

Agar bisa membuka semua entri di Clipboard, kamu cukup menekan dan menahannya beberapa saat di mana pun di text box, sampai sebuah menu keluar. Dalam menu tersebut, kamu akan menemukan opsi “Clipboard,” di samping “Cut” dan “Copy.”

Related

Tips 2749614722892332225

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item