Cara Mudah Melacak dan Menemukan Ponsel Android yang Hilang

Cara Mudah Melacak dan Menemukan Ponsel Android yang Hilang

Naviri Magazine - Kalau ponsel Android-mu hilang, tak perlu panik. Kamu sebenarnya bisa menemukan lokasi ponselmu via internet, hanya dalam beberapa detik. Kamu cuma perlu membuka android.com/find, dan login dengan akun Google yang kamu pakai di ponselmu. Nah, kalau kebetulan GPS ponselmu dalam keadaan menyala, kamu akan bisa melihat peta dengan satu pin penunjuk posisi ponselmu.

Fungsi keren ini juga punya risiko yang tak main-main. Kalau ada yang mengakses akun Google-mu, mereka bisa melacak keberadaan ponselmu (dan tentunya dirimu) dan bahkan menghapus akunmu. Buat jaga-jaga, kamu bisa belajar menonaktifkan fitur “Find My Device”.

Kalau kamu khawatir kehilangan ponsel, kamu bisa meninggalkan pesan dengan menyertakan alamat email atau nomor ponsel cadanganmu. Data ini akan nongol begitu handphone kamu hilang, dan bisa membantu orang yang menemukannya untuk mengambalikannya ke kamu. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini di bagian.Settings/Device Security/Info and App Shortcut/Owner Info.

Mode satu tangan

Makin ke sini, layar ponsel kita makin kebangetan besarnya. Enak sih, tapi merepotkan bagi mereka yang terbiasa menggunakan ponsel dengan satu tangan. Untungnya, Android sudah menyediakan solusinya.

Kalau kamu ingin mengetik dengan satu tangan seperti kamu dulu lakukan di ponsel candy bar, kamu tinggal menyalakan one-handed mode di keyboard GBoard. Caranya gampang, kamu tinggal menekan dan menahan tombol enter ke arah kanan. Ini akan membuka menu baru. Ketuk lambang tangan, dan kamu akan menemukan keyboard bergeser ke sisi kanan atau kiri layar, sehingga mudah dicapai.

Pengguna ponsel Samsung malah disediakan opsi one-handed mode yang lebih luas. Fungsi tersebut dinyalakan lewat Settings/Additional settings, lalu tekan tombol Home tiga kali.

Related

Tips 3990466354867594626

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item