Fakta Seputar Tanah yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Fakta Seputar Tanah yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Naviri Magazine - Tanah adalah lapisan yang menyelimuti Bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak Bumi) dan atmosfer. Tanah menjadi tempat tumbuh tumbuhan dan mendukung kehidupan hewan dan manusia. Tanah adalah tempat kita berpijak di permukaan Bumi. Hampir seluruh kebutuhan hidup manusia diperoleh dari hasil tanah.

Dalam ilmu lingkungan, tanah dan lahan tidak hanya terbatas pada gumpalan kecokelatan berpasir tempat kita berpijak. Tanah dan lahan diartikan secara khusus sebagai daratan di permukaan Bumi, tempat segala bentuk kehidupan berada.

Tanah dan lahan adalah bagian terpenting dari ekosistem, karena ia berfungsi sebagai wadah dari segala makhluk hidup yang ada dan berinteraksi satu sama lain di atasnya. Kerusakan dan pencemaran yang terjadi di atasnya akan berpengaruh langsung pada kehidupan kita semua.

Apa pembentuk lapisan tanah?

Tanah adalah lapisan Bumi paling atas, yang menutupi batu-batuan yang keras di bagian bawahnya. Tanah adalah tempat tumbuhan mencari dan mendapatkan makanannya.

Lapisan tanah tersusun dan terbentuk atas suatu campuran yang terdiri dari zat-zat mineral (pasir, kapur, tanah liat), juga bangkai-bangkai hewan dan tumbuh-tumbuhan yang membusuk.

Perbedaan-perbedaan yang ada pada tanah disebabkan oleh perbedaan-perbedaan campuran yang menyusunnya.

Related

Science 1197712632848068521

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item