Ternyata, Inggris Pernah Menjarah Batu-batu Permata di Taj Mahal

Ternyata, Inggris Pernah Menjarah Batu-batu Permata di Taj Mahal

Naviri Magazine - Taj Mahal adalah bangunan mirip masjid, yang dibangun antara tahun 1631-1653, atas perintah Kaisar Shah Jahan, sebagai makam untuk istri yang sangat dicintainya, Arjumand Bano Begum, atau yang lebih terkenal dengan nama Mumtaz Mahal.

Setelah pembangunan makam itu selesai, Shah Jahan digulingkan dari singgasananya dan dikenai tahanan rumah oleh anaknya sendiri, Aurangzeb.

Konon, selama berada di dalam tahanan, Shah Jahan menghabiskan sisa harinya dengan memandangi Taj Mahal lewat jendela. Setelah ia meninggal, jasadnya dimakamkan di samping makam istrinya di Taj Mahal.

Selama perang kemerdekaan India, Taj Mahal dirusak oleh tentara Inggris. Batu-batu permata di dindingnya banyak yang diambil. Atas hal itu, pada abad ke-19, raja muda Inggris, Lord Curzon, memerintahkan pemugaran atas Taj Mahal, dan selesai pada 1908. Desain tamannya diubah agar ada gaya Inggris di dalamnya.

Related

World's Fact 6017673809876636357

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item