Ini Penyebab Petir dan Halilintar Sering Muncul di Musim Hujan

Ini Penyebab Petir dan Halilintar Sering Muncul di Musim Hujan

Naviri Magazine - Petir memang sering terjadi atau muncul pada musim hujan, atau ketika akan hujan. Sehingga kita pun sering memperkirakan datangnya hujan setelah melihat adanya petir.

Munculnya petir di musim hujan atau saat akan turun hujan karena pada waktu itu—ketika hujan atau akan hujan—kadar air di udara menjadi tinggi, sehingga daya isolator udara menurun dan menyebabkan arus lebih mudah mengalir. Terkadang petir juga terjadi antar awan, karena ada awan yang bermuatan positif dan ada yang bermuatan negatif.

Biasanya, petir disertai suara gemuruh. Suara yang kencang itu terjadi karena saat udara dilewati petir terjadi pemanasan dan pemuaian udara dengan sangat cepat, sehingga udara menjadi plasma dan meledak menghasilkan suara menggelegar.

Sebenarnya, proses terbentuknya suara itu bersamaan terjadinya petir, namun biasanya baru terdengar setelah petir terlihat. Keterlambatan suara tersebut terjadi karena perbedaan antara kecepatan cahaya dan kecepatan bunyi di udara.

Related

Science 2949219655799780038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item