Jika Manusia Tidak Mau Berubah, Bumi Benar-benar Akan Punah

Jika Manusia Tidak Mau Berubah, Bumi Benar-benar Akan Punah

Naviri Magazine - Meningginya permukaan air akibat pemanasan global, masifnya sampah plastik di lautan hingga hilangnya area hijau, merupakan sebagian ancaman yang tengah dihadapi oleh Bumi kita dewasa ini.

"Karunia alam bagi planet bumi adalah jutaan spesies yang kita kenal dan cintai, dan banyak lagi yang masih harus ditemukan," bunyi press release dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tugas kita sebagai manusia pun tak bisa dipandang enteng, yakni untuk menjaganya. Sedangkan faktanya, manusia dianggap sebagai salah satu pemeran utama yang bertanggung jawab akan rusaknya alam.

"Sayangnya, manusia telah mengganggu keseimbangan alam dan, sebagai akibatnya, dunia menghadapi tingkat kepunahan terbesar sejak kita kehilangan dinosaurus lebih dari 60 juta tahun yang lalu. Tetapi tidak seperti nasib dinosaurus, kepunahan spesies di dunia kita saat ini adalah hasil dari aktivitas manusia," ujar KLHK.

Dipaparkan lebih lanjut, penghancuran global yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pengurangan yang cepat dari populasi tumbuhan dan satwa liar secara langsung, terkait dengan penyebab yang didorong oleh aktivitas manusia.

Antara lain terkait perubahan iklim, deforestasi, hilangnya habitat, perdagangan manusia dan perburuan, pertanian yang tidak berkelanjutan, polusi dan pestisida.

"Dampaknya jauh jangkauannya. Jika tidak bertindak sekarang, kepunahan mungkin merupakan warisan kemanusiaan yang paling abadi," tegas KLHK.

Mendapati fakta itu, ada baiknya kalau kita saling berkaca. Jangan arahkan jari untuk mencari kambing hitam, tapi tanyakan pada diri sendiri. Langkah apa yang telah Anda perbuat sehari-hari untuk menjaga Bumi yang kita pijak ini?

Pada akhirnya, negara maupun dunia sekali pun tak dapat berbuat banyak untuk menjaga alam, apabila kita tidak memulainya dari hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Mulailah berubah demi Bumi yang lebih baik, dan tentunya untuk anak cucu kita di masa depan.

Related

World's Fact 3899172215078885374

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item