Kisah 5 Hoax Zaman Kuno yang Pernah Menghebohkan Dunia

Kisah 5 Hoax Zaman Kuno yang Pernah Menghebohkan Dunia

Naviri Magazine - Hoax mungkin istilah yang terdengar modern, khususnya setelah internet menjadi bagian kehidupan banyak orang. Kenyataannya, berita hoax memang banyak yang muncul di internet.

Tetapi, ternyata, hoax telah ada sejak zaman kuno, setidaknya pada era ketika internet belum dikenal secara luas. Lebih dari seratus tahun yang lalu, manusia sudah mengenal hoax, sudah memproduksi hoax, dan sudah pernah dibohongi oleh hoax.

Di antara hoax yang pernah muncul di masa lalu, berikut ini lima yang pernah menghebohkan dunia.

Raksasa Cardiff (1869)

Sebuah foto menunjukkan ada beberapa orang mengelilingi sosok seseorang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari ukuran tubuh manusia pada umumnya.

Sosok tersebut merupakan hasil dari penggalian beberapa pekerja pada tanggal 16 Oktober 1869 di Cardiff, New York. Tentu saja banyak yang percaya bahwa ada raksasa yang benar-benar hidup di zaman dahulu kala.

Ternyata, setelah ditelusuri kebenarannya, sosok yang disebut Raksasa Cardiff tersebut merupakan hasil karya seseorang bernama George Hull.

Hull membuat sosok raksasa tersebut, karena sebelumnya pernah berdebat keras dengan seorang wakil gereja. Hull berpendapat bahwa pada zaman dahulu, bumi dihuni oleh banyak raksasa.

Untuk lebih menjadikan berita hoax-nya dipercaya banyak orang, Hull menyewa sejumlah pekerja untuk menggali sebuah tempat yang di dalamnya telah 'diisi' raksasa buatan tersebut.

Monster Loch Ness (1934)

Danau Loch di Skotlandia merupakan salah satu tempat wisata yang sangat digemari oleh para wisatawan. Selain tempatnya yang indah, di sana juga beredar rumor bahwa di dalamnya ada hewan raksasa yang dikenal dengan nama Nessie atau Loch Ness.

Bahkan rumor mengenai keberadaan Nessie di danau tersebut ditambah lagi dengan sebuah foto hitam putih yang menunjukkan hewan itu sedang menjulurkan kepalanya ke luar permukaan danau, pada tahun 1934.

Awalnya, banyak orang percaya bahwa foto tersebut nyata. Namun, pada tahun 1990, Discovery Channel melakukan analisis dan menyatakan bahwa foto tersebut hanyalah rekayasa.

Sang fotografer atau pemilik foto tersebut, Robert Kennert Wilson, tidak berkenan untuk diadili, karena sejak awal dia hanya mengatakan bahwa ada sesuatu di dalam air dan dia tidak mengatakan bahwa ada Loch Ness menampakkan diri.

Kerangka Putri Duyung (1842)

Legenda mengenai Putri Duyung sampai sekarang belum dapat dibuktikan oleh peneliti, dan masih dianggap sebagai cerita rakyat atau mitos atau legenda.

Namun, pada tahun 1842, sebuah pameran yang dihelat oleh P.T Barnum menampilkan sebuah sosok yang diklaim sebagai kerangka Putri Duyung. Banyak yang mempercayai bahwa Feejee Mermaid atau Fiji Mermaid memang benar-benar ada.

Namun, apa yang telah dipercaya oleh banyak orang tersebut ternyata hanyalah rekayasa yang terbuat dari kertas, badan orangutan, kepala monyet, dan bagian bawah ikan.

Diciptakannya rekayasa kerangka Putri Duyung ini hanya untuk mengejar popularitas, dan agar dapat dijual dengan harga tinggi.

Manusia pertama di bumi (1912)

Di tahun 1912, ada satu penemuan tengkorak manusia yang ditemukan di daerah bernama Piltdown, Inggris. Karena itulah, tengkorak tersebut dinamakan Piltdown Man.

Beragam pameran dilakukan dengan menampilkan Piltdown Man ini sampai tahun 1953. Namun, ternyata, tidak semua arkeolog dan para pakar percaya bahwa tengkorak itu otentik.

Setelah dilakukan penelitian, akhirnya ditemukan jawaban bahwa tengkorak tersebut merupakan gabungan antara manusia (bagian atas) dan orangutan (rahang bagian bawah) yang sengaja disambung.

Mayat alien (1995)

Pada tahun 1995, seseorang bernama Ray Santilli mengklaim bahwa dia mempunyai video super-rahasia yang didapat atau direkamnya dari kawasan militer.

Video tersebut memperlihatkan ada sebuah autopsi terhadap sebuah jasad alien yang didapatkan dari kecelakaan sebuah pesawat luar angkasa, dan dikenal dengan nama Roswell UFO (1947).

Anehnya, setelah mengklaim bahwa video tersebut otentik, dua hari setelahnya Santilli mengatakan bahwa video itu hanyalah rekayasa, dan alien yang ditampilkan adalah buatan.

Related

World's Fact 8023885436622368539

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item