Sains Populer: Mengenal Fosil dan Proses Terbentuknya Fosil

  Sains Populer: Mengenal Fosil dan Proses Terbentuknya Fosil

Naviri Magazine - Fosil adalah bekas atau sisa-sisa hewan, serangga, dan tumbuh-tumbuhan, yang terperangkap dalam batu-batuan. Bentuknya tercetak pada batuan, bahkan jejak kaki hewan pun bisa menjadi fosil.

Hingga saat ini, sisa-sisa hewan dapat ditemukan di sungai es Siberia, dan di pertambangan di wilayah Polandia. Beberapa serangga secara alami telah diawetkan di dalam amber (damar yang mengeras), yang berasal dari pohon cemara tua.

Bagaimana fosil bisa terbentuk?

Fosil makhluk hidup terbentuk ketika makhluk hidup pada zaman dahulu—lebih dari 11.000 tahun yang lalu—terjebak dalam lumpur atau pasir, kemudian jasadnya tertutup oleh endapan lumpur. Kemudian, endapan lumpur itu akan mengeras menjadi batu di sekeliling makhluk hidup yang terkubur tersebut.

Ada dua macam bentuk fosil, yaitu fosil cetakan dan jejak fosil. Fosil cetakan terjadi jika kerangka makhluk hidup yang terjebak dalam endapan lumpur meninggalkan bekas—misalnya tulang—pada endapan tersebut, sehingga membentuk cetakan.

Namun, jika cetakan tersebut terisi lagi dengan endapan lumpur, maka akan terbentuk jejak fosil yang persis seperti kerangka aslinya.

Related

Science 897806005263083075

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item