Mengenal Gunung Api dan Aneka Bencana yang Ditimbulkannya

 Mengenal Gunung Api dan Aneka Bencana yang Ditimbulkannya

Naviri Magazine - Secara umum, gunung api atau gunung berapi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 kilometer di bawah permukaan Bumi sampai ke permukaan Bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkannya ketika meletus.

Gunung berapi juga bisa menyebabkan bencana akibat letusannya. Bencana yang dapat ditimbulkan letusan gunung berapi antara lain karena gas beracun, aliran lava, aliran lumpur, kebakaran hutan, gempa Bumi, dan gelombang tsunami.

Bencana-bencana tersebut bisa membahayakan manusia, hewan, juga tumbuhan. Karena itu pula, gunung berapi disebut sebagai sumber bencana terbesar di dunia.

Yang mungkin masih jarang disebut, gunung berapi juga menjadi salah satu penyumbang pemanasan global. Gas vukanik yang dihasilkan gunung mengandung CO2 atau karbondioksida, yang selama ini dianggap sebagai faktor penting penyebab pemanasan global.

Memang sulit—bahkan tidak mungkin—mencegah pemanasan global yang disebabkan gunung berapi. Namun, penghuni Bumi bisa mengatasinya dengan cara menanam banyak pohon. Dengan banyak pohon dan tumbuhan, karbondioksida akan terus terserap.

Related

Science 7133715799497541772

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item