Misteri Raja Jazirah Arab yang Tidak Pernah Mau Difoto

Misteri Raja Jazirah Arab yang Tidak Pernah Mau Difoto

Naviri Magazine - Pernah mendengar nama Yehia Hamid? Dia adalah raja di kawasan yang disebut Yaman atau Yemen, salah satu tempat di jazirah Arab. Ada hal yang menarik dari Yehia Hamid, yaitu tidak pernah mau difoto atau dilukis.

Ia sangat percaya pada takhayul. Walau di zamannya perkara takhayul bukan sesuatu yang aneh. Tetapi untuk seorang raja Yemen penguasa semenanjung Arab, seperti Yehia Hamid, kepercayaan itu terdengar ganjil. Baik di kalangan rakyatnya maupun negara tetangga.

Sang raja sangat yakin bahwa gambaran rupa wajah adalah sesuatu yang "suci", pantang untuk dilukis dalam sebidang media. Jika tabu ini dilanggar, orang yang dilukis (dipotret) dipercaya akan bernasib sial, mati dalam keadaan tragis.

Demi melindungi nyawanya dan kepercayaannya pada takhayul tersebut, ia melarang juru foto, wartawan, pelukis, dan seniman, atau siapa saja untuk melukis atau membuat potret maupun sketsa wajahnya. Eksesnya, selain keluarga dekat, kerabat dekat, pejabat negara, dan orang-orang yang pernah bertemu dengannya, wajah sang raja Yehia Hamid adalah misteri.

Rakyat kerajaan Yemen, yang ada di bawah kuasanya, hampir seluruhnya tidak mengenal pasti wajah rajanya. Hal ini menimbulkan penasaran rakyat jelata. Sampai terlontar ucapan kesal, "Bagaimana mungkin kami tak pernah mengenal rupa raja kami?" Bagi mereka, kepercayaan raja pada takhayul sangat berlebihan.

Suatu hari, Raja Yehia Hamid mengundang seorang pelukis Italia ke istananya di Wadi Dhar dekat Sana'a, ibukota Yemen. Undangan itu bukan untuk melukis wajah sang raja, melainkan sekadar bincang-bincang semata.

Sang pelukis tahu betul bahwa Yehia Hamid sangat percaya takhayul tentang lukisan wajah. Dalam hati, ia berniat untuk melukis wajah sang raja. Ia pun "merekam" detail wajah sang raja dalam memori kepalanya.

Setelah kunjungan ramah-tamah itu usai, si pelukis pun memulai langkah besar dalam karyanya. Ia ingin menjadi orang pertama yang membuat lukisan sang raja Yemen, Yehia Hamid. Selama beberapa waktu, ia membuat lukisan potret raja berusia 81 tahun itu hingga akhirnya selesai!

Ia sangat puas dengan hasil lukisan potretnya. Sebab sapuan pada kanvas di hadapannya sangat hidup. Seolah sang raja sedang berdiri menatapnya! Ia pun berniat untuk mempublikasikan salinan lukisan tersebut pada media, dan menyerahkan hasil aslinya pada sang raja sebagai hadiah istimewa.

Sebuah tragedi

Pada pekan terakhir Februari 1948, si pelukis menyerahkan salinan lukisan potret Yehia Hamid pada media. Surat kabar segera merespons hal tersebut, dan mempublikasikan potret sang raja dalan porsi halaman yang besar. Publikasi ini menggemparkan, dan disambut antusias oleh pembaca.

Sementara, saat si pelukis akan mengirimkan lukisan potret asli pada Yehia Hamid, ia terkejut membaca sebuah berita di media terbitan Mesir. Berita tersebut mengabarkan:

Raja Yemen, Yehia Hamid tewas ditembak, bersama tiga anak dan seorang penasihat kerajaan! Pemerintahan Yemen untuk sementara diambil alih pemerintahan darurat, disebutkan bahwa pembunuhan itu terjadi pada 17 Februari 1948. Diduga terkait suksesi Yehia Hamid yang erat dengan pertikaian politik mengenai siapa pewaris tahta kerajaan Yemen di antara 16 calon pewaris!

Pelukis Italia itu terempas. Ia merasa sangat menyesal telah melanggar tabu sang raja. Ia merasa sangat bersalah karena tanpa izin telah membuat lukisan wajah sang raja.

Pada saat itu, potret Raja Yemen, Yehia Hamid, yang selama ini diliputi misteri pun terkuak. Walau sang raja berupaya berpantang wajahnya dipublikasikan, namun akhirnya tabu itu terlanggar, dan pada saat yang sama ia pun tewas terbunuh secara tragis.

Apakah lukisan potret tersebut berhubungan dengan tabu sang raja? Apakah hanya suatu kebetulan saat wajahnya dipublikasikan dan pembunuhan itu pun terjadi? Atau benarkah takhayul itu berubah menjadi kenyataan? Tak ada yang tahu, misteri tetaplah misteri.

Related

Mistery 8240179129707223193

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item