Negara-negara Terbaik untuk Berbisnis dan Menghasilkan Uang

Negara-negara Terbaik untuk Berbisnis dan Menghasilkan Uang

Naviri Magazine - Salah satu laporan tahunan Bank Dunia adalah Doing Business, yaitu daftar peringkat yang mencakup sekitar 200 negara yang dianggap sebagai tempat terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis. Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan seberapa mudah atau sulitnya untuk memulai dan menjalankan bisnis lokal di suatu negara.

Dalam survei tahunan Bank Dunia, Singapura dan Hong Kong menempati peringkat teratas dalam jajaran sepuluh tempat terbaik di dunia untuk menjalankan bisnis.

Singapura bahkan menempati posisi teratas dalam survei untuk delapan tahun berturut-turut dalam hal entrepot (tempat penyaluran barang) dan sebagai pusat keuangan di Asia Tenggara. Sedang negara Asia Tenggara lain yang juga masuk dalam peringkat 10 besar adalah Malaysia.

Dalam laporan Doing Business terbaru, Bank Dunia menyatakan bahwa ada banyak negara yang telah membuat orang lebih mudah untuk memulai dan menjalankan bisnis lokal.

Dalam hal perbaikan tersebut, negara-negara berpenghasilan rendah bergerak lebih cepat dibandingkan negara yang lebih besar. Di banyak kawasan, juga telah ada kemajuan luar biasa dalam menghapus beberapa hambatan birokrasi untuk kegiatan sektor swasta.

Pemeringkatan yang dilakukan Bank Dunia berfokus pada apa yang dihadapi usaha kecil atau menengah di negara asalnya, dibandingkan bagaimana raksasa multinasional akan berjalan di lingkungan yang sama.

Data untuk hal itu didasarkan pada survei yang melibatkan lebih dari 10 ribu profesional—sebagian besar orang-orang yang secara rutin membantu mengelola atau memberi saran mengenai masalah hukum dan peraturan di suatu negara.

Masing-masing negara diperingkat dalam berbagai masalah, mulai dari panjangnya prosedur yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, hingga lamanya waktu untuk mendapatkan pemasangan daya listrik, masalah kredit, hingga biaya ekspor/impor.

Dalam laporan tahunan tersebut, Bank Dunia juga memuji sejumlah negara yang dianggap mengalami kemajuan paling pesat dalam lima tahun terakhir.

Negara-negara tersebut adalah Rwanda (peringkat 32), Rusia (92), Ukraina (112) dan Filipina (108). Rusia dan Rwanda melompat 20 tingkat dari tahun sebelumnya, sementara Ukraina melompat 25 tingkat, dan Filipina naik 30 tingkat.

Berikut ini sepuluh negara yang menempati daftar sepuluh besar sebagai negara terbaik untuk menjalankan bisnis, versi Bank Dunia.

1. Singapura
2. Hong Kong
3. Selandia Baru
4. Amerika Serikat
5. Denmark
6. Malaysia
7. Korea Selatan
8. Georgia
9. Norwegia
10. Inggris Raya

Related

World's Fact 276770491638818995

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item