Kisah Penggalian Harta Karun Terbesar Sepanjang Sejarah (Bagian 2)

Kisah Penggalian Harta Karun Terbesar Sepanjang Sejarah

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Penggalian Harta Karun Terbesar Sepanjang Sejarah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pihak penerbit, produser film, dan dokumenter, tertarik untuk mendokumentasikan penemuan harta karun terbesar dalam sejarah tersebut. Kisah perburuan dan ekspedisi harta karun tersebut rencananya akan ditulis menjadi buku dan difilmkan.

Sementara, pemerintah Spanyol secara resmi telah melakukan penyelidikan intensif di lokasi yang diduga tempat beroperasinya Black Swan Project. Apakah memang benar berada di perairan internasional atau tidak.

Jika ternyata berada di wilayah perairan Spanyol, maka ekspedisi Odyssey yang memindahkan artefak harta berusia ratusan tahun itu dianggap sebagai sebuah pelanggaran hukum.

Pada 12 Juli 2007, patroli penjaga Pantai Spanyol menyita perangkat kapal riset Odyssey Marine Exploration, saat berada sekitar 3,5 mil laut dari lepas pantai Eropa.

Penjaga pantai Spanyol memang memiliki otoritas sebagai petugas pengawas perbatasan Uni Eropa di wilayah tersebut. Hak yang diberikan berdasarkan aturan EU Schengen Agreement.

Kapal peneliti itu diperintahkan untuk berlayar ke pelabuhan Spanyol di Algeciras, untuk menjalani prosedur pemeriksaan atas perintah pengadilan dan hukum.

Otoritas Spanyol yakin betul bahwa temuan harta karun yang diangkut kapal tersebut berada dalam jangkauan hukum Spanyol, namun memang perlu penyelidikan.

Teritorial dan hukum

Sebelumnya, pihak Odyssey Marine Exploration juga sudah pernah bermasalah dengan pemerintah Spanyol pada ekspedisi penggalian harta karun dari kapal karam di dasar laut, yang diduga sebagai HMS Sussex.

Pada Maret 2007, otoritas Spanyol di Junta Andalusia mengizinkan penggalian harta karun dilanjutkan, dengan syarat harus mengikutsertakan arkeolog Spanyol, untuk mengawasi dan meneliti dengan pasti, apakah harta karun yang mereka gali memang berasal dari kapal karam HMS Sussex dan bukan salah satu armada galleon Spanyol yang tenggelam di perairan yang sama.

Pada aktivitas ekspedisi tahun-tahun sebelumnya, Odyssey Marine Exploration juga pernah menuai kontroversi dan kritikan pedas oleh organisasi dan lembaga seperti Dewan Arkeologi Inggris, Institut Arkeolog Lapangan, atas “pembajakan” bangkai kapal karam mendahului penelitian arkeologi.

Persoalan harta karun memang senantiasa mengundang debat dan kontroversi. Nilai harta yang menggiurkan memang menuntut kepastian hukum, apakah harta karun itu memang benda bebas atau “milik” sah sebuah negara. Atau dari sisi ilmu pengetahuan, harta karun yang bernilai sejarah memang bukan untuk disimpan atau diperdagangkan. Tetapi menjadi warisan budaya, sebagai konsumsi di museum.

Odyssey Marine Exploration

Bendera Odyssey Marine Exploration (OMEX/OMR) sudah berkibar selama dua puluh tahun. Perusahaan swasta spesialis penggalian dan penyelamatan kapal-kapal karam ini bersentuhan dengan eksplorasi arkeologi yang sensitif dan operasi penyelamatan bangkai kapal karam di perairan seluruh dunia.

Didirikan oleh John Morris dan Greg Stemm pada 1994, dan go public pada tahun 1997 dengan saham yang terdaftar di bursa NASDAQ dengan simbol OMEX. Menyita mata dunia dalam bagian penyelamatan kargo kapal tua SS Republic (Agustus 2003) dan harta karun berkode Balck Swan Project (2007).

Bergerak dalam bidang ekspedisi bawah laut, terutama kapal karam bernilai sejarah. Setidaknya kapal-kapal tenggelam yang sudah terkubur di bawah laut selama berabad-abad yang mengangkut benda-benda kuno.

Mereka mengaplikasikan teknologi terbaru dan tercanggih dalam setiap operasinya, agar seluruh benda yang akan diselamatkan tetap berada dalam kondisi utuh.

Keunikan Odyssey adalah memposisikan diri sebagai perusahaan komersial pertama yang menspesialisasikan diri dalam urusan pencarian kapal-kapal karam, penyelamatan harta benda berharga yang tenggelam, dan sekaligus memasarkannya.

Track record mereka yaitu operasi pencarian kapal Sussex, Republic, "Conception", dan "Seattle", pada 1998-2003. Lalu pada 2001, melaporkan secara resmi kepada pemerintah Kerajaan Inggris bahwa mereka telah selesai melakukan ekspedisi arkeologi pendahuluan atas bangkai kapal kuno milik Inggris, HMS Sussex. Dan setahun kemudian bekerja sama dengan Inggris, melakukan ekspedisi menggali bangkai HMS Sussex.

November 2003, melakukan operasi penggalian SS Republic dan berhasil menemukan koin pertama dari bangkai kapal tersebut. (Pada bulan dan tahun yang sama, Odyssey pindah ke bursa saham Amerika, dan berganti simbol menjadi OMR). Dan Maret 2004, Odyssey mendapat penghargaan atas upayanya terhadap SS Republic.

Visi Odyssey memang bertujuan untuk mengembalikan nilai-nilai sejarah, budaya, ekonomi, dari kapal-kapal karam demi kepentingan umat manusia melalui penerapan teknologi maju tercanggih, sains, dan arkeologi.

Namun sepak terjang perusahaan ini kerap dibayangi kontroversi.

Related

World's Fact 8737532094519262081

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item