Ini Penyebab Munculnya Gema yang Menirukan Suara Kita

Ini Penyebab Munculnya Gema yang Menirukan Suara Kita

Naviri Magazine - Gema adalah suara yang mengikuti kita ketika berteriak di gua atau di tempat-tempat tertentu lainnya. Gema disebabkan oleh gelombang suara yang menghantarkan suatu sasaran padat, dan dipantulkan kembali seperti ketika suara itu datang.

Pada waktu berteriak, gelombang bunyi keluar dari mulut kita. Gelombang itu menabrak dinding gua, lalu dipantulkan dan kembali ke telinga kita beberapa saat kemudian. Itulah yang kemudian kita sebut gema.

Bagaimana terjadinya gema?

Ketika kita mengeluarkan suara atau bunyi, bunyi itu akan diteruskan dalam bentuk gelombang. Jika gelombang menemui rintangan, gelombang itu akan menabraknya, dan akan dipantulkan kembali. Ketika itu terjadi, kita tidak hanya mendengar bunyi asli, tapi juga ulangan bunyi yang dipantulkan pada kita. Itulah gema.

Jika kita mencoba membuat gema di sebuah ruangan—misalnya ruang rumah—kita tidak dapat mendengarnya. Hal itu disebabkan oleh jarak yang sangat dekat dan perambatan bunyi yang sangat cepat, sehingga bunyi asli dan gema akan terdengar pada waktu yang sama.

Namun, jika kita berteriak keras di gunung, kita akan mendengar kedua bunyi tadi dengan jelas, karena bunyi suara kita tidak menemui rintangan, sehingga gema pun terdengar setelah kita bersuara.

Related

Science 4773468590404385382
item