Perang Vietnam dan Kekalahan Amerika Dalam Taktik Gerilya

Perang Vietnam dan Kekalahan Amerika Dalam Taktik Gerilya

Naviri Magazine - Perang Vietnam merupakan aib bagi Amerika Serikat. Perang ini telah membuat Amerika babak belur, luar maupun dalam. Di medan perang, tentara AS yang sangat perkasa di Perang Dunia ke-2 benar-benar tak berdaya oleh keuletan tentara Vietnam Utara (NVA) dan milisi yang biasa disebut Vietcong (VC).

Meski tentara AS telah mengembangkan persenjataan yang sangat canggih (penggunaan rudal air-to-air adalah yang pertama kali di dunia digunakan dalam suatu peperangan), tetap saja mereka tak berdaya menghadapi taktik gerilya yang diterapkan NVA dan VC.

Gara-gara taktik gerilya itu, AS harus mengeluarkan dana perang yang sangat besar untuk mendukung tentara AS di Vietnam. Dan itu menimbulkan protes keras di dalam negeri sendiri. Gelombang protes silih berganti menuntut pemerintah menarik pasukan AS dari Vietnam.

Perang itu berlangsung selama 18 tahun, merupakan perang terlama yang pernah dialami oleh AS.

Ho Chi Minh, Pemimpin Besar Vietnam Utara, ternyata belajar menggunakan taktik gerilya dari buku Abdul Haris Nasution yang fenomenal, Strategy of Guerrilla Warfare. Selain diterjemahkan ke berbagai bahasa asing, karya ini menjadi buku wajib akademi militer di sejumlah negara, termasuk sekolah elite militer dunia, West Point, Amerika Serikat.

Related

History 1046588195303813811

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item