Begini Proses Terbentuknya Badai dan Munculnya Angin Topan

Begini Proses Terbentuknya Badai dan Munculnya Angin Topan

Naviri Magazine - Apa yang menyebabkan badai? Sumber utama energi raksasa yang menggerakkan badai tropis berasal dari proses kondensasi, yaitu mengembunnya kandungan uap air pada udara lembap yang bergerak ke ketinggian atmosfer yang dingin.

Pada proses kondensasi, uap air akan melepas energi panas yang dikandungnya. Energi panas yang dilepaskan uap air akan berkumpul menjadi energi penggerak badai tropis.

Selain udara lembap, juga diperlukan unsur-unsur lain seperti lautan hangat, adanya gangguan cuaca, dan angin yang bergerak naik membawa udara lembap.

Jika unsur-unsur tersebut berlangsung cukup lama, maka hal itulah yang menyebabkan terjadinya angin kencang, gelombang laut tinggi, hujan deras, dan banjir yang mengikuti fenomena badai tropis.

Apa yang disebut topan?

Topan adalah angin yang sangat dahsyat, yang berputar seperti spiral. Topan disebabkan oleh turunnya tekanan atmosfer. Di belahan Bumi selatan, angin bertiup seperti arah jarum jam, sementara di belahan Bumi utara angin bertiup dengan berlawanan arah jarum jam.

Topan di daerah tropik—di samudera Atlantik dan laut Karibia—disebut angin ribut. Sedangkan di bagian barat samudera Pasifik dan di laut Cina, disebut taifun. Angin-angin itu dapat menyebabkan kerusakan besar bagi kehidupan, harta, dan benda. Ketika datang dari laut, topan dapat menyebabkan banjir.

Related

Science 3045822209547139128
item