Sejarah Berdirinya Irlandia dan Pemilihan Presiden Pertama

Sejarah Berdirinya Irlandia dan Pemilihan Presiden Pertama

Naviri Magazine - Pada 10 Januari 1922, Arthur Griffith terpilih menjadi presiden negara Irlandia yang baru berdiri. Arthur Griffith adalah pendiri Sinn Fein, partai politik yang memperjuangkan kemerdekaan Irlandia, pada tahun 1905.

Partai itu kemudian menjadi sayap politik tidak resmi dari kelompok-kelompok militan Irlandia yang berjuang mengusir Inggris dari tanah air mereka.

Pada tahun 1911, pemerintah liberal Inggris menyetujui negosiasi kemerdekaan untuk Irlandia, namun tertunda akibat meletusnya Perang Dunia I. Pada tahun 1916, pejuang kemerdekaan Irlandia kembali memberontak, namun gagal meraih kemenangan.

Dua tahun kemudian, pada 1918, diadakan pemilu di Irlandia, dan Partai Sinn Fein meraih suara mayoritas. Partai itu pun lalu mendirikan Parlemen Irlandia yang independen, dan memproklamasikan kemerdekaan Irlandia pada bulan Januari 1919, dan memilih Arthur Griffith sebagai presiden negara yang baru tersebut.

Related

World's Fact 8871582464976696236

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item