Sumur Memiliki Sangat Banyak Air, tapi Kenapa Bisa Mengering?

 Sumur Memiliki Sangat Banyak Air, tapi Kenapa Bisa Mengering?

Naviri Magazine - Sumur mendapatkan air dari air yang disimpan tanah. Sebagian air hujan yang jatuh ke Bumi akan diserap oleh tanah. Banyaknya air yang diserap oleh tanah akan mencapai tingkat terendahnya di musim kemarau. Jika penguapan atau pengambilan air melebihi volume air yang diserap, maka air sumur pun bisa mengering.

Apa yang disebut sumur artesis?

Sumur artesis adalah sumber air di pegunungan yang airnya memancar tinggi seperti pancuran.

Pegunungan Greata Dividing Range di Australia, misalnya, banyak mendapatkan hujan. Namun, di dalamnya kering, karena air hujan yang jatuh tersebut diserap oleh lapisan batuan yang membentang sampai di bawah daratan yang kering.

Lapisan batuan yang menyerap air itu terjepit oleh lapisan batuan yang padat lainnya, sehingga air tidak dapat terlepas keluar.

Di tempat-tempat seperti itu, para petani biasanya menggali sumur sampai ke lapisan yang mengandung air. Karena sumbernya di pegunungan yang lebih jauh, air yang keluar akan memancar tinggi seperti pancuran. Itulah yang disebut sumur artesis.

Related

Science 7799681004818696171

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item