Bagaimana Proses Terjadinya Angin? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bagaimana Proses Terjadinya Angin? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Naviri Magazine - Angin adalah udara yang bergerak. Pergerakan udara disebabkan oleh rotasi bumi, juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat yang bertekanan udara lebih rendah.

Apabila udara dipanaskan, ia akan memuai, kemudian naik karena menjadi lebih ringan. Apabila udara yang dipanaskan naik, tekanan udara akan menurun, karena udara menjadi berkurang.

Bersamaan dengan itu, udara dingin di sekitarnya akan mengalir ke tempat yang bertekanan rendah. Udara lalu menyusut menjadi lebih berat, dan turun ke tanah. Di atas tanah, udara menjadi panas lagi, dan kembali naik.

Aliran naiknya udara panas dan turunnya udara dingin itu disebut konveksi. Angin juga termasuk udara, dan udara terdiri dari bermacam gas. Gas termasuk materi yang tidak terlihat, dan karena itu pula kita tidak bisa melihat angin.

Ketika angin berhembus, yang dapat kita lihat adalah partikel-partikel ringan seperti debu, yang terbawa bersama angin. Kita dapat merasakan hembusan angin, karena kita memiliki indra perasa, yaitu kulit.

Related

Science 4942143370661880025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item