Ini 5 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Luka

Ini 5 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Luka

Naviri Magazine - Luka tergores pada kulit, yang diikuti dengan keluarnya darah, bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Dalam beraktivitas sehari-hari, kadang kita kurang hati-hati, sehingga kulit jari kita tergores benda tajam, entah pisau atau pinggiran seng. Jika di rumah ada obat merah dan kain kasa, tentu kita bisa mengobati luka dengan mudah. Namun bagaimana kalau tidak?

Tak perlu khawatir. Karena ternyata ada bumbu-bumbu di dapur yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka di kulit, dan lima berikut ini di antaranya.

Garam

Bumbu dapur yang sangat khas dengan rasa asin ini mungkin akan membuat luka terasa sedikit perih. Tetapi, garam sangat efektif untuk menghentikan luka.

Garam menyerap darah yang keluar dari luka, dan membuatnya kering lebih cepat. Selain itu, garam membuat luka menutup dengan cepat, serta membantu mencegah terjadinya infeksi.

Bubuk cabai merah

Tak hanya memuaskan selera pedas, bubuk cabai merah juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi luka berdarah. Meskipun terasa sedikit perih, kandungan dalam bubuk cabai merah bisa membantu pembekuan darah dan membuat luka menutup dengan cepat.

Es batu

Gunakan es batu pada luka, dengan menempelkan es pada luka. Cara ini bertujuan untuk membekukan darah yang keluar lewat luka, sehingga darah tidak keluar dengan deras. Es batu membantu pembekuan darah dengan mengerutkan pembuluh darah, dan memudahkan luka menutup dengan cepat.

Teh celup

Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, teh celup juga bisa kamu gunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cepat. Caranya, celupkan satu kantong teh ke dalam air dingin, dan tekan secara lembut pada bagian yang terluka. Lakukan selama satu atau dua menit. Cara ini cukup cepat dan nyaman untuk menghentikan luka berdarah.

Bubuk kopi

Dianugerahi dengan banyak manfaat, taburkan bubuk kopi pada luka untuk menghentikan pendarahan dengan cepat. Bubuk kopi mengandung efek astringent yang mampu menutup luka dengan lebih cepat.

Bubuk kunyit

Tidak jauh berbeda dengan bubuk kopi, kamu bisa langsung menaburkan bubuk kunyit pada luka yang terbuka. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan pendarahan, dan membantu pembekuan darah lebih cepat.

Related

Tips 1298089182433800388

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item