Bloop, Suara Misterius dan Membingungkan Dari Lautan Dalam

 Bloop, Suara Misterius dan Membingungkan Dari Lautan Dalam

Naviri Magazine - Suara-suara misterius alam sudah banyak yang dikenal orang, salah satunya adalah Hum atau dikenal sebagai Taos Hum, namun ada suara misterius lainnya yang juga tak kalah menarik, yakni The Bloop, yang masih menjadi misteri modern saat ini.

Pada tahun 1997, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Amerika Serikat merekam suara aneh di Samudra Pasifik selatan. Suara ini tidak bisa dijelaskan, dan sangat kuat, seperti yang tercatat oleh dua mikrofon berjarak 3.000 mil dari pusat pencatatan. The Bloop digambarkan sebagai suara Ultra Low Frequency dan sangat keras.

Bunyi suara tersebut terlacak di sekitar koordinat 50° S 100° W (titik terpencil di Samudra Pasifik selatan, sebelah barat ujung selatan Amerika Selatan), terdeteksi beberapa kali oleh peralatan NOAA, yang disebut Equatorial Pacific Ocean autonomous hydrophone array, sebuah alat khusus yang didesain untuk mendeteksi kapal selam milik Uni Soviet.

Menurut deskripsi NOAA, bunyi itu “frekuensinya meningkat cepat, sekitar lebih dari satu menit, dan jangkauannya cukup lebar untuk didengarkan oleh banyak sensor, dengan jangkauan lebih dari 5.000 km.”

Dr. Christopher Fox dari NOAA tidak yakin bahwa sumber bunyi itu adalah buatan manusia, seperti kapal selam atau bom, atau peristiwa geologis yang umum semisal gunung berapi atau gempa bumi. Ciri-ciri suara The Bloop juga tidak menyerupai bunyi makhluk hidup.

Sampai saat ini masih menjadi misteri, karena suaranya tidak menyerupai suara apa pun yang diketahui manusia, dan suaranya juga lebih keras daripada hewan dengan suara terkeras yang pernah diketahui, yakni paus biru. Lima suara misterius lainnya juga telah diberi nama oleh NOAA: Julia, Train, Slow Down, Whistle, dan Upsweep.

Dr. Christopher Fox dari NOAA berspekulasi bahwa Bloop merupakan runtuhan es di Antarktika. Setahun kemudian, David Wolman, seorang jurnalis, menanggapi Dr. Fox yang berpendapat mungkin suara itu bersumber dari makhluk hidup.

Hal yang aneh dari suara ini, walaupun Wolman telah menyimpulkan bahwa kemungkinan itu suara yang ditimbulkan oleh hewan, namun tidak ada satu pun binatang yang teridentifikasi oleh mereka.

Fakta bahwa The Bloop belum pernah terdengar lagi oleh mereka hingga kini, semakin memperumit teka-teki yang sudah aneh ini. Mungkinkah suara tersebut adalah suara dari sebuah makhluk yang belum teridentifikasi di dalam lautan?

Kemungkinannya cukup besar, sebab wilayah lautan yang telah manusia jelajahi masih begitu sedikit. Atau, mungkinkah ada kehidupan lain di bawah sana, atau mungkin itu gunung berapi bawah laut?

Jika penjelasan The Bloop adalah suara binatang, penjelasan ilmiah tentang ini adalah paus biru. Ia binatang yang memiliki frekuensi terbesar, namun suara ini jauh lebih besar daripada yang dikeluarkan oleh paus biru. Jadi, kalau kita memakai imajinasi dan khayalan bahwa Kraken atau Leviathan itu ada, bisa jadi itu suara Kraken.

Sampai kita kembali mendengar suara The Bloop tersebut, mungkin tidak ada cara bagi kita untuk mengetahui dengan persis apa sumber suara tersebut.

Related

Science 51017157455649781

Recent

item