Cuma Pasang Tali Kapal, tapi Gajinya Lebih Besar dari Manajer Bank

  Cuma Pasang Tali Kapal, tapi Gajinya Lebih Besar dari Manajer Bank

Naviri Magazine - Bekerja dengan bayaran tinggi menjadi cita-cita setiap orang. Namun biasanya gaji yang didapat akan disesuaikan dengan jenis dan risiko pekerjaan yang dikerjakan.

Tahukah Anda, gaji manajer bank di Indonesia, yang rata-rata sekitar Rp 10-15 juta per bulan, masih kalah dengan gaji tenaga pasang tali kapal di beberapa dermaga lepas pantai di Indonesia, misal di tambang-tambang minyak.

Deputi Menko Perekonomian, Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan, Edy Putra Irawady, mengungkapkan gaji para pegawai penarik tali kapal tersebut mencapai US$ 1.600 per bulan.

"Itu tenaga tarik tali yang impor, yang punya sertifikat internasional. Kalau yang dari dalam negeri itu hanya US$ 500," katanya.

Perbedaan jumlah gaji antara pekerja yang impor dan pekerja asal Indonesia tersebut, dikatakan Edy, karena mayoritas SDM di bidang yang sama asal Indonesia tidak memiliki sertifikat internasional.

Edy pun meminta Presiden dan Wapres untuk lebih memprioritaskan peningkatan SDM di industri maritim tersebut.

"Sekarang kita kerja sama dengan Unilever dan beberapa perusahaan lain, kita sekolahkan tenaga-tenaga kita ke sana untuk dapatkan sertifikat, karena tanpa itu SDM kita tidak menjual," pungkasnya.

Related

World's Fact 2939273186176394036

Recent

item