Diane de Poitiers, Wanita yang Mengatur Kerajaan Prancis Kuno

  Diane de Poitiers, Wanita yang Mengatur Kerajaan Prancis Kuno

Naviri Magazine - Diane de Poitiers memiliki hubungan yang tak biasa dengan raja Henry II dari Prancis. Sebelum resmi menjadi gundiknya, Diane adalah guru bagi sang raja. Diane, yang berusia hampir 2 dekade lebih tua daripada Henry, berperan besar dalam mengajari Henry berbagai pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi seorang raja.

Diane sering membantu Henry dalam membuat keputusan penting. Bahkan sejumlah dokumen berharga yang menentukan masa depan Prancis kala itu ditandatangani oleh Diane, dengan paraf Henri/Diane.

Suksesi tahta Henry pun sedikit banyak dipengaruhi oleh Diane. Pasalnya, Diane yang rajin membujuk Henry agar bersedia 'mengunjungi' permaisurinya, Catherine de Medici, demi mendapatkan pewaris.

Kekuasaan Diane di istana membuat Catherine cemburu, namun dia tidak bisa melakukan apa pun. Begitu Henry meninggal, barulah Catherine bisa mengusir Diane dari istana. Diane meninggal pada usia senja di kediamannya.

Related

History 5011829697091158845

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item