Menjalani Kehidupan Sosial sebagai Bagian Warga Masyarakat

Menjalahi Kehidupan Sosial sebagai Bagian Warga Masyarakat

Naviri Magazine - Dalam menjalani hidup, manusia tidak dapat terlepas dari manusia lain. Hal ini dikarenakan pada hakikatnya manusia selalu ingin hidup bersama dengan manusia lain, karena Tuhan menciptakan manusia di muka bumi agar berhubungan dengan manusia lain. Tanpa manusia lain, manusia tidak dapat berbuat apa-apa.

Hubungan manusia yang satu dengan yang lain dalam lingkup lebih luas dinamakan hubungan sosial. Melalui hubungan sosial, manusia dapat mempelajari, mengetahui, dan memahami berbagai aspek kehidupan sosial. Hal itu juga dilakukan dengan proses sosialisasi.

Adapun yang dimaksud proses sosialisasi, menurut Soekanto (79:1996), adalah “Proses dimana warga masyarakat mengetahui, memahami, menghargai, dan menaati nilai-nilai serta kaidah yang dianut oleh masyarakat”. Selanjutnya bersikap sesuai kaidah-kaidah yang berlaku, serta yang bersangkutan menghargainya.
         
Apabila seseorang keluar dari ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh masyarakat, maka hal tersebut seringkali disebut patologi dalam masyarakat. Dikatakan patologi karena merupakan “penyakit masyarakat” atau keadaan abnormal pada masyarakat.

Hal ini terkait dengan persoalan-persoalan sosial, karena persoalan-persoalan sosial sering muncul apabila sekelompok orang terikat pada suatu tingkah laku yang secara objektif bukan merupakan suatu ancaman terhadap masyarakat, tetapi tersebar kemana-mana dan kadang mendapat celaan dari masyarakat.

Masalah seks juga bisa merupakan perilaku yang menyimpang apabila terjadi penyimpangan terhadap perilaku seksualitas. Seksualitas, sebagai suatu kegiatan biologis, dan merupakan aspek yang sangat bermakna dalam kehidupan seseorang, tidak dapat dilepaskan keterkaitannya dengan adat istiadat, tradisi, kebiasaan, nilai-nilai, serta ajaran-ajaran agama yang berlaku.

Related

Lifestyle 905433478525855289

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item