Ini 4 Kelebihan yang Bisa Membuatmu Bangga Menjadi Introvert

Ini 4 Kelebihan yang Bisa Membuatmu Bangga Menjadi Introvert

Naviri Magazine - Tidak ada manusia yang sama, begitu pun dalam sifat atau kepribadian mereka. Selama ini, psikologi mengenalkan istilah populer untuk membedakan kepribadian orang, yaitu introvert dan ekstrovert.

Istilah extrovert-introvert digunakan untuk menjelaskan perbedaan kepribadian seseorang. Pribadi extrovert cenderung lebih supel dan energik, sedangkan introvert lebih tertutup dan senang menyendiri. Tapi mereka punya banyak kelebihan juga. Berikut adalah empat keuntungan menjadi introvert:

Lebih jeli

Penelitian terbaru yang digagas beberapa psikolog di Yale menyebutkan bahwa orang introvert bisa menjadi psikolog sosial amatir terbaik, karena sifat melankolisnya. Mereka dianggap bisa menilai dunia jauh lebih akurat daripada extrovert.

“Mereka mudah merasa sedih, tapi jauh lebih bijaksana,” kata Anton Gollwitzer, mahasiswa pascasarjana yang turut menulis penelitian tersebut. “Mungkin karena orang introvert yang melankolis lebih senang menghabiskan waktunya mengamati sifat manusia, atau mereka berintrospeksi diri lebih baik karena mereka jarang memiliki bias.”

Meskipun mereka tidak bisa menggantikan peran psikolog sungguhan, Gollwitzer berhipotesis bahwa mereka bisa memprediksi dan menafsirkan perubahan sosial dalam masyarakat.

Lebih kreatif

Mereka memang lebih jeli, tetapi bukan berarti mereka pribadi yang aktif. Orang introvert cenderung menyalurkan pemikiran dan konflik batin melalui seni, seperti tulisan atau lukisan.

“Orang yang memiliki kreativitas tinggi butuh waktu sendiri untuk merenung, berpikir dan menciptakan sesuatu,” jelas Gregory Feist, dosen jurusan psikologi kepribadian dan perkembangan orang dewasa di San Jose State University. “Para introvert tidak masalah menyendiri. Mereka malah sangat membutuhkannya.”

Waktu menyendiri biasa mereka gunakan untuk mengintrospeksi diri dan mengamati apa pun yang bisa mendorong kreativitas. Jonathan Cheek, dosen jurusan psikologi kepribadian di Wellesley College, menyebut unsur introversi sebagai “kekayaan batin.” Mereka mampu menyulap pemikiran batin, ide-ide dan khayalannya menjadi karya seni yang imajinatif dan penuh makna.

Lebih mawas diri

Cheek menuturkan bahwa orang introvert cenderung senang berintrospeksi diri. “Orang introvert sering menyendiri untuk merenungkan kehidupannya dan berintrospeksi diri,” imbuhnya. “Kalau mereka bisa melakukannya secara produktif, maka ini bisa menjadi sifat unggulannya.”

Orang yang selalu berpikir matang-matang tidak akan pernah bertindak secara tiba-tiba, contohnya seperti mengirim pesan memalukan ke gebetan. Sikap mawas diri juga bisa membantu mereka memilih jalan hidup yang lebih baik. Gollwitzer berspekulasi bahwa unsur ini membuat orang introvert lebih senang mengamati daripada berinteraksi.

Introspeksi diri memungkinkan orang introvert memutuskan apa yang sebaiknya mereka lakukan dalam situasi tertentu, dan menyampaikan idenya ke orang lain, menjelaskan perilaku sosial tertentu tanpa berpartisipasi langsung.

Lebih mandiri

Kebanyakan orang merasa sengsara hidup sendiri. Faktanya, seperempat wanita dan dua pertiga pria dalam sebuah penelitian, lebih memilih disengat listrik daripada menghabiskan waktu sendirian. Sedangkan orang introvert sangat mendambakan waktu menyendiri. Masyarakat sering menganggap orang extrovert jauh lebih bahagia dari introvert. Anggapan itu tidak benar.

“Introvert punya kesenangannya sendiri,” jelas Cheek. “Ada orang yang senang menghabiskan malam minggu di rumah sambil baca buku, melukis, atau menonton tv show favoritnya sendirian. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan kesedihan.”

Feist menjelaskan bahwa, bagi banyak introvert, waktu menyendiri dari teman yang cerewet atau lebay bisa membuat mereka jauh lebih mandiri dan bebas dari tekanan sosial. Ini juga waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal produktif.

Related

Psychology 2900524886473931344

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item