Mengenal CN 235-220, Pesawat Canggih Buatan Indonesia

 Mengenal CN 235-220, Pesawat Canggih Buatan Indonesia

Naviri Magazine - Pesawat terbang serba guna buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) dibeli oleh Belgia. Salah satu negara Eropa ini kepincut membeli dua pesawat seharga puluhan juta dolar tersebut.

"PT Dirgantara Indonesia sudah menandatanganani kontrak pembelian pesawat, dengan perusahaan Finance AD Trade Ltd dari Belgia. Ada 2 unit pesawat CN 235-220 yang satunya sekitar 22 juta USD," kata staf pemasaran PT DI, Teguh Graito di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Dia menyatakan, pesawat ini mempunyai banyak keunggulan. Pintu belakang yang lebar memungkinkan untuk mengangkut pasukan dan berbagai macam barang.

"Keunggulannya punya ramp door (pintu belakang yang lebar). Dengan ini, pesawat bisa untuk serba guna, seperti pasukan, truk, atau bisa untuk terjun payung (droping), dan bisa angkut kargo untuk kendaraan ringan," terang dia.

Menurutnya, pesawat ini pun dapat digunakan untuk patroli di perairan. Jika dipasang sebuah radar, pesawat tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi kapal selam.

"Bisa untuk medical evacuation saat bencana, bisa untuk patroli, bisa dilengkapi dengan kamera, radar, dan infrared. Sehingga bisa deteksi kapal penyelundupan dan untuk deteksi kapal selam," ujar dia.

Selain itu, pesawat serbaguna buatan PT DI juga dapat menjadi pesawat perang jika dipasang senjata. Namun, Belgia memilih memesan pesawat jenis angkut saja.

"Bisa ngeluarin flare dan dipasang senjata torpedo multi weapon pod juga ESM (sensor penerima frekuensi intelijen). Untuk Belgia lebih (memesan) pada pengangkut dan kargo," pungkas dia.

Related

Technology 8233999560723614460

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item