Monkeypox, Penyakit Baru yang Kini Meneror Dunia

 Monkeypox, Penyakit Baru yang Kini Meneror Dunia

Naviri Magazine - Ilmu kedokteran sudah sedemikian maju, seiring teknologi medis yang semakin canggih. Aneka penyakit yang dulu tak tersembuhkan kini dapat diatasi, dan berbagai obat baru pun terus diciptakan dan diproduksi. Sayangnya, seiring dengan itu, penyakit-penyakit baru juga bermunculan. Kini, muncul penyakit baru bernama monkeypox.

Penyakit langka cacar monyet (monkeypox) telah dikonfirmasi sampai di Singapura, dibawa seorang laki-laki asal Nigeria. Akibatnya, 24 orang masuk karantina, dan Batam pun melakukan antisipasi.

Laki-laki yang namanya tak disebutkan itu berusia 38 tahun. Ia ke Singapura untuk ikut lokakarya di hotel tempatnya menginap pada 29-30 April.

Setelah menjalani pemeriksaan, (8/5) ia dinyatakan positif terinfeksi monkeypox. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) kemudian mengidentifikasi 18 peserta dan seorang staf lokakarya, juga empat karyawan hotel.

Semuanya dikarantina di bangsal isolasi di Pusat Nasional Penyakit Menular (NCID). "Mereka yang terlibat kontak dekat dengan pasien telah diperiksa NCID dan diberi vaksin, untuk mencegah penyakit atau mengurangi gejala," tulis MOH dalam pernyataan resmi.

"Sebagai tindakan pencegahan, mereka akan dikarantina dan diawasi selama 21 hari sejak hari pertama mereka terlibat kontak dengan pasien," tambahnya.

Sejauh ini, belum ada pasien yang menunjukkan gejala cacar monyet. "Hingga saat ini tidak ada bukti transmisi antarmanusia bisa menularkan infeksi monkeypox pada populasi manusia," tutur Direktur Eksekutif NCID, Profesor Leo Yee Sin.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) belum mengeluarkan imbauan perjalanan atau kebijakan terkait penyakit ini. Pun demikian, pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau sudah mulai mengantisipasi virus monkeypox.

"Saya sudah berbincang dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), untuk menyiagakan alat pendeteksi panas tubuh, sebagai langkah antisipasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusumarjadi, Minggu (12/5).

Dengan alat pendeteksi panas, orang yang masuk wilayah Batam akan dipindai. Jika suhu tubuh di atas batas normal, orang tersebut akan dievakuasi dan diperiksa.

Seumpama positif terjangkit virus monkeypox, akan dibawa ke ruang isolasi RS Badan Pengusahaan Batam atau RS Umum Daerah Embung Fatimah. "Penularannya melalui kontak langsung. Masa inkubasi 5-7 hari baru terlihat gejalanya," jelas Didi.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), monkeypox adalah penyakit yang disebabkan virus langka, umum terjadi di area terpencil Afrika Tengah dan Barat. Virus ini hidup pada hewan, termasuk primata dan hewan pengerat, tetapi kadang-kadang bisa "melompat" dari hewan ke manusia.

Monkeypox maupun cacar berasal dari keluarga poxvirus yang disebut orthopoxvirus. Sejak 1970, kasus monkeypox pada manusia telah dilaporkan di 10 negara Afrika. Pada 2017, Nigeria mengalami wabah monkeypox pertama sejak 1978, dengan 172 kasus.

Meskipun monkeypox dan cacar punya gejala sama, monkeypox tidak sama bahayanya dengan cacar: Dalam wabah sebelumnya, tingkat kematian akibat monkeypox antara 1 persen dan 10 persen. Sebaliknya, cacar memiliki tingkat kematian sekitar 30 persen.

Orang yang terinfeksi monkeypox bisa menyebarkan penyakit ke orang lain, sebagian besar lewat percikan ludah yang keluar ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Tapi biasanya virus ini tak bisa bertahan lama, kecuali terjadi kontak dalam jangka waktu panjang dengan penderita.

Orang juga bisa tertular melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau lesi kulit yang terinfeksi. Juga melalui kontak tidak langsung dengan pakaian yang terkontaminasi.

Gejala biasanya muncul sekitar dua minggu setelah seseorang terpapar monkeypox. Gejala awal bisa berupa demam, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Tak lama setelahnya, pasien mengalami ruam cacar dengan lesi yang sering muncul di wajah dan badan. Lesi berkembang menjadi lepuh kecil yang berisi cairan, sebelum jadi luka dan mengelupas.

Biasanya, penderita monkeypox akan pulih dalam dua hingga empat minggu. Pada beberapa orang, mungkin ada bekas luka akibat ruam.

Related

News 2527447245216586986

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item