N219, Pesawat Buatan Indonesia yang Dibeli Luar Negeri

N219, Pesawat Buatan Indonesia yang Dibeli Luar Negeri

Naviri Magazine - Proyek pembuatan pesawat terbang N219 yang dikerjakan PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus dikebut.

Pembuatan prototipe sudah mencapai 80 persen, dan ditargetkan sudah bisa roll out dan bisa mengudara untuk pertama kalinya. Belum juga rampung, namun beberapa pemesan sudah mengantre, salah satunya negeri Thailand.

"(Pemesan) sudah ada. Termasuk dari Angkatan Udara, dan agak jauh dari Thailand," kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso.

Dia menyampaikannya usai melakukan rapat bersama Menristek dan Pendidikan Tinggi, Mochammad Nasir, Kementerian Perekonomian, Perindustrian, Perhubungan, BAPPENAS, LAPAN, dan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, di PT DI Bandung.

"Potensi marketnya mencapai 200-an. Kami sebenarnya hanya ingin tawarkan kalau nanti sudah jadi," terang Budi.

M Nasir mengaku akan terus menggenjot proyek pembuatan pesawat hasil karya anak bangsa ini. "Kita ingin mewujudkan N219 yang akan diproduksi ini roll out dan bisa terbang dan sukses," terang Nasir.

Dia menjelaskan, N219 merupakan pesawat angkut ringan yang cocok lintas provinsi, dengan kapasitas 19 orang. Karena ringan, pesawat ini dapat lepas landas dalam jarak pendek dan mudah dioperasikan di daerah terpencil.

"Ini akan menjadi kemajuan penerbangan Indonesia. Khususnya dari kota ke kota kecil. Apakah itu di Papua atau Aceh, yang mana perjalanan darat bisa menempuh 12 jam. Maka dengan ini bisa ditempuh hanya 45 menit," katanya.

Related

Technology 1489330628537441857

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item