Para Stuntman dengan Bayaran Termahal di Dunia Film

 Para Stuntman dengan Bayaran Termahal di Dunia Film

Naviri Magazine - Stuntman adalah pemeran pengganti dalam film-film, khususnya film action yang menyuguhkan aksi atau adegan berbahaya. Saat kisah dalam film mempertontonkan adegan berbahaya, biasanya si aktor utama akan digantikan oleh stuntman. Karenanya, peran stuntman dalam film sangat penting, meski mereka mungkin tidak dikenal penonton karena memang fungsinya hanya sebagai pengganti?

Lalu, apakah para stuntman dibayar mahal sebagaimana para aktor utama yang wajahnya tampil di film? Meski tak sebesar pendapatan aktor utama, dompet stuntman bisa tebal. Apalagi kalau melakukan adegan yang nyaris musykil, di film berbujet besar.

Untuk film-film aksi tertentu, studio film punya bujet khusus untuk tim spesial efek dan juga stunt. Seperti saat James Cameron menyediakan dana 51 juta dolar khusus untuk efek spesial dan stunt dalam film Terminator 2.

Honor stuntman beragam, tergantung aksi dan durasinya. Hollywood, sebagai sebuah industri film yang punya standar, sudah mengatur honor layak untuk para stuntman. Pada 2013, honor harian para stuntman adalah 859 dolar, atau sekitar Rp11 juta. Untuk para stuntman yang disewa mingguan, honor mingguannya adalah 3.200 dolar, atau sekitar Rp41 juta.

Tentu jumlah itu akan jadi berkali-kali lebih besar kalau seorang stunt punya nama besar, dan untuk adegan yang berbahaya. Rick Sylvester, yang menggantikan Roger Moore dalam film James Bond: The Spy Who Loved Me (1977) dibayar 30.000 dolar untuk sekali adegan melompat dari gunung salju.

Dar Robinson, yang menggantikan Steve Mc Queen dalam film Papillon, pernah mendapat rekor dunia sebagai stuntman dengan honor termahal, mencapai 100.000 dolar untuk satu kali aksi.

Tapi bayaran termahal untuk satu adegan dalam satu film, jatuh pada aksi Simon Crane di film The Cliffhanger, yang mendapat 1 juta dolar untuk adegan berjalan di atas tambang di antara dua pesawat di ketinggian 4.500 meter.

Related

Film 3714608340502963278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item