Perlu Tahu, Pernikahan Tak Selalu Indah Seperti yang Dibayangkan

Perlu Tahu, Pernikahan Tak Selalu Indah Seperti yang Dibayangkan

Naviri Magazine - Apa yang terjadi jika tidak ada lagi kehangatan antara suami istri? Keduanya mendapati hubungan mereka seakan diselimuti es, dan cinta yang bersemi di awal pernikahan berubah menjadi dingin. Ungkapan “rumahku adalah surgaku” menguap entah kemana, dan suasana rumah menjadi rutinitas yang menjemukan dan membosankan.

Keadan semacam ini bisa menimpa siapa saja. Pernikahan layaknya kehidupan, memiliki dinamika dan romantika. Kadang suami istri mendapati rumah tangganya berjalan mulus, kerikil yang ada dapat dilewati bersama, dan keduanya bahagia dalam kebersamaan mereka.

Di saat yang lain kadang muncul perselisihan, yang biasanya disertai kemarahan, kekesalan atau bahkan menimbulkan “perang dingin” di antara keduanya. Di saat yang lain lagi terjadi kejenuhan dalam menjalani rutinitas berumah tangga. Semua ini manusiawi dan wajar, sepanjang tidak membuat hati keduanya saling jauh.

Nabi Muhammad SAW, seorang manusia pilihan yang menjadi nabi dan rasul untuk umat manusia dan memiliki kesempurnaan akhlak, tidak luput dari mengalami romantika dan dinamika dalam rumah tangga. Maka, kita membaca bahwa beliau di satu saat pernah berlomba lari dengan istrinya dalam suasana ceria dan bahagia.

Di saat lain, beliau pernah menghadapi kecemburuan istrinya, bahkan pernah pula gusar, sedih dan kecewa karena permintaan istrinya dalam masalah nafkah yang menyebabkan beliau sampai berkata, “Aku tidak akan mendatangi mereka selama satu bulan.” (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karenanya, jika Anda berpikir bahwa pernikahan akan berjalan mulus, selalu diliputi kebahagiaan, tidak akan ada perselisihan, tidak akan ada kekesalan dan kemarahan, maka Anda telah menjadi korban dari angan-angan yang tidak realistis. Dinamika dan romantika adalah sebuah ketetapan Allah SWT dalam pernikahan, tidak seorang pun dapat mengubahnya.

Karena itu, terimalah dinamika dan romantika (termasuk perselisihan) menjadi bagian dari rumah tangga, yang akan membuat rumah tangga Anda penuh warna. Dari sini kita dapat mengerti bahwa rumah tangga yang bahagia dan harmonis bukanlah tanpa ada romantika perselisihan, tetapi yang dapat menyikapi dan menjadikan perselisihan sebagai bunga-bunga yang memberi warna pada pernikahan.

Related

Romance 4344978389792196426

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item