Sejarah Dinasti Mongolia, Kekaisaran Terbesar di Dunia Kuno

  Sejarah Dinasti Mongolia, Kekaisaran Terbesar di Dunia Kuno

Naviri Magazine - Mongol berawal dari sebuah etnis barbar yang sering berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, sebelum akhirnya menjadi dinasti besar di dunia. Etnis ini berasal dari Cina utara yang tinggal di daratan Mongolia, yang sekarang berbatasan dengan utara negara Cina dan sebelah selatan Rusia.

Mereka menjadi pusat Kekaisaran Mongol pada abad ke-13, tetapi dikuasai oleh Dinasti Qing sejak akhir abad ke-17, hingga pemerintahan merdeka dibentuk dengan bantuan Uni Soviet pada 1921. Pada puncak kejayaannya, mereka memiliki penduduk di atas 100 juta orang, dan menjadi yang paling kuat di antara semua kekaisaran abad pertengahan.

Kekaisaran Mongolia didirikan oleh Jenghis Khan pada tahun 1206, sesudah mempersatukan suku-suku Mongolia yang saat itu sering berselisih di antara sesama, dan memulai banyak penaklukan di seluruh benua Eurasia yang dimulai dengan penaklukan Dinasti Xia Barat di Cina Utara dan Kerajaan Khawarezmia di Persia.

Pada puncaknya, Kekaisaran Mongolia menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara hingga Eropa tengah. Selama keberadaannya, Mongolia melakukan pertukaran budaya antara Timur, Barat, dan Timur Tengah, sekitar abad ke-13 dan 14.

Kekaisaran Mongol merupakan kekaisaran terbesar pada masanya, karena bisa menguasai Bagdad yang pada waktu itu merupakan ibu kota Dinasti Abbasiah pada masa abad kejayaan peradaban Islam, yang sampai mengakibatkan terbunuhnya Khalifah Al-Musta'sim.

Hulagu Khan menuntut supaya kota itu menyerah. Sang khalifah, Al-Musta'sim, menolak. Dalam banyak sumber, Al-Musta'sim sebenarnya tidak bersiap untuk diserang; dia tidak mengumpulkan pasukan dan tidak memperkuat tembok kota. Dia hanya tidak mau menyerahkan kota Baghdad kepada "orang barbar kafir" (Mongol).

Dia juga percaya bahwa kalau pun dia menyerah, pasukan Mongol akan tetap membantai penduduk kota. Begitu mendengar penolakan kahlifah, Hulagu Khan sangat marah dan bersumpah bahwa kota itu akan dihancurkan, yang pada akhirnya mengakibatkan hancurnya kota Bagdad.

Related

History 2791063734259872768

Recent

item