Ternyata Ada Sekolah Khusus untuk Para Stuntmen (Aktor Pengganti)

 Ternyata Ada Sekolah Khusus untuk Para Stuntmen (Aktor Pengganti)

Naviri Magazine - Meski berbahaya, profesi stuntman atau aktor pengganti dalam film akan selalu ada. Sebab ada adegan-adegan film yang tak akan bisa digantikan oleh teknologi sekalipun.

"Aku pernah bilang kalau CGI akan membuatmu tak kreatif. Waktu itu aku meratapi berkurangnya adegan stunt karena semakin majunya teknologi," kata sutradara legendaris, Steven Spielberg. "Jika sebuah adegan bisa dilakukan stuntman secara aman, aku memilih itu ketimbang menggunakan CGI."

Di Hollywood, para aktor stunt sangat dihormati. Mereka dianggap pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka rela melakukan adegan berbahaya, tanpa wajah tersorot kamera.

Karena ini profesi dengan tingkat risiko tinggi, wajar kalau ada sekolah khusus untuk stuntman. Akademi Stunt Park, misalkan.

Berdiri sejak 22 tahun lalu, akademi yang berdiri di tiga negara—Amerika Serikat, Australia, dan Thailand—ini menawarkan berbagai pelatihan dan kelas untuk stuntman. Dari kelas dasar yang hanya butuh empat jam, hingga kelas Hollywood Stunt Course Master Class yang memakan waktu hingga 100 jam dengan biaya 4.400 dollar.

Di kelas pemula, siswa akan diajari teknik-teknik gerakan dasar. Seperti adegan pertarungan, permainan pedang, dan terbang dengan kabel. Di kelas master, para peserta akan diajari teknik berguling, bersalto di udara, jatuh dari ketinggian, hingga menaiki kuda.

Ada pula akademi International Stunt School, yang dikelola oleh United Stuntmen's Asscociation. Peminatnya selalu melimpah. Padahal biayanya tak murah. Kelas dibagi dua, The Utility Stunt Course yang memakan waktu 150 jam pelatihan dengan biaya 4.300 dolar; dan The Aerial Intesive Course yang berlangsung selama 50 jam pelatihan, dengan biaya 2.000 dolar.

"Sekolah ini amat bermanfaat, seimbang dengan waktu dan biaya yang kamu keluarkan. Dalam sebulan setelah lulus, aku mendapat peran stuntman utama di film Jack Reacher 2," kata salah satu alumni, Ashley Wilks.

Alumni sekolah ini memang cukup dikenal. Ada Roy Taylor yang bermain di film Star Wars: The Force Awakens dan James Bond's Spectre. Ada pula Jessie Graff yang bermain di Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D, menjadi stuntwoman untuk salah satu peran utama yang dimainkan Adrianne Palicki. Ada pula Maya Santandrea dan Eric VanArsadle yang menjadi pemeran pengganti di film laris Captain America: Civil War.

Related

Film 7065534949480543544

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item