Ini Penyebab Kita Bisa Tertawa dan Menangis Dalam Waktu Bersamaan

  Ini Penyebab Kita Bisa Tertawa dan Menangis Dalam Waktu Bersamaan

Naviri Magazine - Kadang saat kita tertawa bahagia hingga terbahak-bahak, kita bisa saja mengeluarkan air mata. Namun apa sebenarnya penyebab dari kita mengeluarkan air mata saat tertawa?

Pakar kesehatan di bidang psikologi bernama Robert Provine, dari Maryland University, Baltimore, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bagian otak yang mengendalikan tangis dan tawa kita ternyata di satu tempat, sehingga hal ini bisa memungkinkan untuk terjadi secara bersamaan.

Bahkan, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, ada lesi atau jaringan tidak normal pada bagian otak tertentu yang bisa menyebabkan masalah pathological laughter and crying (PLC), sindrom yang membuat penderitanya tidak mampu mengendalikan ekspresi tangis dan tawa.

Jika kita tertawa terbahak-bahak, saluran air mata akan ikut tertekan akibat terguncangnya tubuh saat kita tertawa. Tekanan inilah yang akan membuat air mata ikut keluar, dan membuat kita menangis meskipun kita sedang dalam kondisi masih tertawa dan bahagia.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa air mata yang keluar saat tertawa disebabkan oleh refleks akibat faktor eksternal, bukannya air mata karena emosi. Kondisi air mata yang keluar saat tertawa ini mirip dengan saat mata kemasukan debu.

William Frey, pakar kesehatan dari Minnesota University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa air mata emosional sangat berbeda dari air mata yang keluar karena refleks.

Air mata emosional memiliki kandungan hormon tertentu dalam jumlah yang lebih banyak, khususnya encephalin leusin yang ternyata bisa menjadi penghapus rasa sakit alami.

Hal yang berbeda terjadi pada air mata refleks yang keluar saat kita tertawa yang tidak memiliki manfaat.

Related

Science 2603250477802159594

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item