Ikan Sungai Amazon Diam-diam Hidup dan Berkembang di Semarang

Ikan Sungai Amazon Diam-diam Hidup dan Berkembang di Semarang

Naviri Magazine - Sedikitnya sebelas ekor ikan Arapaima bertahan hidup di danau buatan di Agrowisata Sidomuncul, Ungaran, Kabupaten Semarang. Meski jauh dari habitat aslinya di Sungai Amazon, Brasil, namun salah satu ikan spesies air tawar tersebut bisa hidup bahkan berkembang dengan baik, berkat pemeliharaan yang baik dan pemberian nutrisi ternak organik.

"Pertama kali kita pelihara, panjangnya 40 sentimeter. Sekarang sudah sepuluh tahun mencapai 2,4 meter dan 3,5 meter. Itu saya pikir tergolong besar, dan jarang ditemui di Indonesia, bahkan dunia," ungkap CEO PT Sidomuncul Pupuk Nusantara (SMPN), Sofyan Hidayat.

Kesebelas ekor Arapaima tersebut awalnya semua dipelihara di danau buatan seluas 1.500 meter persegi, dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Namun, karena banyaknya pengunjung Agrowisata yang penasaran ingin melihat ikan Arapaima, pihak Sidomuncul kemudian membangun sebuah akuarium raksasa di dekat danau tersebut.

Kemudian, pengelola memindahkan tiga di antaranya ke dalam akuarium, sehingga para pengunjung bisa melihatnya berenang di dalam air dengan jelas. Namun sayang, saat proses pemindahan tersebut, satu ekor Arapaima mati sehingga jumlahnya berkurang menjadi sepuluh ekor.

"Sekarang tinggal 10 ekor, karena saat akan dipindahkan ke akuarium mati satu ekor. Waktu akan dikeringkan, ternyata di dalam perutnya ada telurnya, namun telur tidak bisa diselamatkan," terangnya.

Related

World's Fact 1737958202566623650

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item