Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Naviri Magazine - Punya rumah, siapa yang tidak ingin? Sepertinya semua orang ingin punya rumah sendiri, khususnya yang masih ngontrak. Kapan dan bagaimana kita seharusnya membeli rumah?

Pengusaha, miliarder, dan bintang acara televisi ABCs Shark Tank, Barbara Corcoran, tidak memiliki saran terbaik mengenai kapan seseorang harus membeli rumah. Baginya, secepat mungkin membeli rumah adalah yang terbaik.

Saat ia pertama kali membeli rumah di New York City dahulu, katanya, dia sempat kesulitan menabung selama tiga tahun pertama. Namun, dia mendapatkan imbal hasil yang cukup baik setelahnya. Karena itu, bagi kamu yang berencana membeli rumah pertamamu tahun ini, ia membagikan beberapa tips. Berikut tipsnya:

Mengecek status kredit pada BI Checking

Sebelum membeli rumah, cek dulu status kreditmu pada BI Checking. Mengapa ini penting? Corcoran bilang, semakin baik status BI Checking-mu, kamu akan mendapatkan bunga yang lebih menarik.

Sebaliknya, bila statusmu buruk, kamu harus membayar bunga yang relatif lebih tinggi. Hal ini digunakan perbankan untuk menanggung risiko yang mungkin timbul dari status kredit yang berada di angka tinggi tersebut.

Cari tahu kemampuan keuanganmu

Corcoran memiliki formula sederhana untuk dapat mengecek kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan KPR. "Empat kali gajimu per bulan, itu adalah batas kemampuanmu dalam membeli rumah," katanya.

Selain formula sederhana itu, dia juga menyarankan untuk membayar DP rumah minimal 20% dari total harga rumah. Cicilan rumah per bulan adalah 30% dari total pendapatan bulanan termasuk asuransi, pajak dan biaya pemeliharaan. 30% adalah angka standar cicilan. Dengan begitu, kamu masih dapat hidup dengan layak dan seimbang, sehingga tidak terbebani satu pos anggaran.

Anggaran untuk menutup anggaran

Kesalahan pembeli rumah pertama, katanya, adalah lupa tidak membuat anggaran untuk menutup biaya-biaya yang timbul dari membeli rumah. Anggaran ini tidak hanya berlaku untuk membayar uang muka, tetapi juga biaya-biaya yang sering menyertainya. Biasanya, biaya ini besarannya sekitar 10-20% dari harga rumah.

Memilih lokasi

Lokasi rumah sangat penting. Khususnya kalau ditujukan untuk investasi. "Kamu juga akan mendapatkan keberuntungan dari investasi tersebut bila ternyata membeli dengan harga di bawah harga standar," ungkap dia.

Mendapatkan persetujuan dari bank

"Sebelum mencari rumah pertama, penting juga untuk berkonsultasi dengan pihak bank. Bila mereka sudah sepakat untuk memberikan pembiayaan, itu lebih baik," katanya.

Sudah siap memiliki rumah impianmu tahun ini?

Related

Tips 7972308126075549580

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item