Inilah Gunung Paling Tinggi di Dunia, Berani Mendaki?

Inilah Gunung Paling Tinggi di Dunia, Berani Mendaki?

Naviri Magazine - Gunung terbentuk karena tekanan magma dari dalam perut Bumi. Perut Bumi berisi magma yang sangat panas, dan menekan ke luar. Setelah terjadi terus-menerus, terbentuklah gunung.

Gunung apa yang paling tinggi?

Diukur dari permukaan laut, gunung Everest yang terletak di pegunungan Himalaya merupakan puncak gunung tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 8.850 meter atau 29.035 kaki di atas permukaan laut.

Di pegunungan Himalaya bahkan terdapat deretan gunung yang masuk dalam daftar puncak gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian di atas 8.000 meter dari permukaan laut.

Apa yang disebut lava, pyroclas, dan episentrum?

Lava atau lahar adalah magma (batu-batuan cair di perut Bumi) yang mengalir keluar dari gunung api. Sedangkan pyroclast adalah bagian dari magma, yang dimuntahkan oleh gunung api. Besarnya bisa sehalus debu sampai sebesar bom atom.

Episentrum adalah pusat gempa Bumi di permukaan tanah. Gempa Bumi yang dahsyat biasanya hanya berasal dari pusat gempa yang dangkal, yaitu kurang dari 60 kilometer di bawah episentrum.

Related

World's Fact 3462109952366486337

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item