Kisah dan Asal Usul Lahirnya 14 Situs Internet Paling Terkenal di Dunia

 Kisah dan Asal Usul Lahirnya 14 Situs Internet Paling Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Kita pasti mengenal situs-situs paling populer di internet, seperti Google, Facebook, YouTube, dan lain-lain. Yang mungkin belum kita tahu adalah bahwa situs-situs terkenal tersebut ternyata berasal dari sesuatu yang tak terduga, dan dimulai dari tempat yang sama tak terduga. Berikut ini kisahnya.

Website: Google
Pendiri: Larry Page & Sergey Brin
Tempat memulai: Di sebuah garasi rumah

Larry dan Sergey mulai membangun situs bisnisnya (search engine) dengan nama BackRub. Bermodal sebuah komputer butut (untuk ukuran saat ini), dan memanfaatkan garasi rumah mereka sebagai tempat kerja.

Setelah beberapa lama, Larry dan Sergey memutuskan bahwa situs mesin pencari BackRub membutuhkan nama baru.

Setelah beberapa kali memikirkannya, mereka memutuskan untuk mengganti nama BackRub dengan Google. Terinspirasi oleh sebuah permainan kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 yang diikuti oleh 100 nol.

Website: Facebook
Pendiri: Mark Zuckerberg
Tempat memulai: Di kamar asrama di Harvard University

Kelahiran Facebook sebenarnya berhubungan dengan selera hacking Zuckerberg. Awalnya, dia membuat situs tersebut di kamarnya, sebagai sebuah tugas kuliah.

Karyanya dibangun di sebuah kamar berantakan (ala anak lelaki). Dia menjadi pusat perhatian ketika menolak tawaran $1 miliar dari Yahoo. Kemudian, ia lebih memilih kontrak senilai $240 juta dolar dari Microsoft. Microsoft memberikan 1,6% saham di Facebook, yang akhirnya meningkatkan nilainya menjadi $15 milyar.

Website: PopCap Games
Pendiri: John Vechey, bersama Brien Fiete dan Jason Kapalka
Tempat memulai: Di kantornya

John Vechey, bersama Brien Fiete dan Jason Kapalka, mendirikan game PopCap pada tahun 2000. Mereka sebelumnya bekerja untuk situs permainan di internet seperti Flipside dan Pogo. Game pertama mereka, “Bejeweled”, menjadi hit besar, dan menerima sejumlah penghargaan.

Website: Digg
Pendiri: Kevin Rose
Tempat memulai: Kamar apartemennya

Kevin memilih nama “Digg”, karena pengguna dapat “menggali” cerita, dari yang diajukan, sampai ke halaman depan situs asli.

Situs itu disebut “Digg”, bukan “Dig”, karena nama domain “dig.com” sebelumnya telah didaftarkan oleh Walt Disney Internet Group. Nama Digg untuk situsnya tersebut dianggap simpel dan mudah diingat.

Website: Runescape
Pendiri: Andrew Gower
Tempat memulai: kamar tidur di rumah orang tuanya

Andrew memang telah mengenal bahasa pemrograman sejak masa kecilnya. Dia memiliki kegemaran main game penjara bawah tanah. Dia awalnya memulai Runescape sebagai hobi, dan kemudian menghasilkan uang dari situsnya tersebut, dan ternyata kini kegemaran itu telah menjelma sebuah usaha bisnis yang spektakuler.

Website: Threadless
Pendiri: Jack Nickell dan Yakub DeHart
Tempat memulai: Di sebuah apartemen

Jack Nickell bersama Yakub DeHart adalah orang yang putus kuliah. Mereka memulai Threadless ketika masih bekerja pada pekerjaan tetap mereka sebelumnya. Mereka memiliki beberapa sponsor yang mau menginvestasikan $500 sebagai investasi awal. Sekarang usaha mereka telah memiliki pendapatan tahunan sebesar $50 juta.

Website: Biz Chair
Pendiri: Sean Belnick
Tempat memulai: Di kamar tidur pribadi

Dia memulai bisnis jual beli produk furniture dengan modal $500, dengan persediaan awal 50 produk. Dia menjual perabot kantor, perabot rumah, perabot sekolah, dan peralatan medis, di toko online.

Sekarang usaha tersebut telah memiliki 75 karyawan, dan menjual lebih dari 25.000 produk secara online. Microsoft, Google, dan American Idol, adalah di antara beberapa dari klien terkenal mereka.

Website: Plenty Of Fish
Pendiri: Markus Frind
Tempat memulai: Di kantornya

Pada tahun 2001, seseorang di kantor memperkenalkannya pada situs kencan online. Dia kembali ke mejanya, dan mengecek Udate.com, Kiss.com, dan Lavalife.com (web personal). Dia bosan dan ingin chatting dengan orang-orang di sana.

Dia benar-benar kesal ketika dia tahu bahwa dia harus membayar untuk segala sesuatu. Dia pun akhirnya memberitahu para gadis di internet dan memperkenalkan kepada mereka situs yang ia buat dan bisa berbuat lebih baik, serta bisa mereka ikuti secara gratis, dan dari sinilah ia kemudian membuat Plentyoffish.com.

Website: YouTube
Pendiri: Chad Hurley
Tempat memulai: Di kantornya

Chad Hurley dan Chen ingin menciptakan cara yang lebih mudah untuk berbagi video acara mereka, Lalu mereka pergi bekerja di kantor seperti biasanya. ”Pada bulan Februari, kami mulai mengembangkan produk,” kata Hurley.

“Pada bulan Mei, kami telah preview publik pertama kami. Dan pada bulan Desember, kami resmi meluncurkan YouTube. Pada waktu itu kami melayani lebih dari tiga juta video sehari”. Itu adalah kata-kata Hurley yang menunjukkan bahwa betapa besar minat orang terhadap YouTube untuk berbagi video dengan seluruh orang di dunia.

Website: FastHost
Pendiri: Andrew Michael
Tempat memulai: Di kamar tidur

Sebagai remaja, Michael menjadi multi-jutawan setelah menjual berbagai proyek bisnis internet yang ia mulai. Dia mulai memperkenalkan Fasthosts sebagai sebuah proyek internetnya yang keenam, di usia 17. Dengan hanya melalui penjualan Fasthosts, kekayaan Michael telah meroket sampai 47 miliar.

Website: WhatEverLife
Pendiri: Ashley Qualls
Tempat memulai: Di dapurnya

Memulai usaha pada usianya yang baru 14 tahun pada tahun 2004. Dan dengan modal hanya $8 untuk membeli sebuah nama domain, dan sebuah komputer tua.

Dia tidak tahu sedang memulai bisnis pada saat itu, ia hanya ingin menciptakan cara yang mudah untuk berbagi dengan teman-temannya, dengan latar belakang desainnya sendiri. Ia tidak menyangka bahwa begitu banyak yang berminat untuk berbagi desain latar untuk MySpace di situsnya tersebut.

Website: LinkedIn
Pendiri: Reid Hoffman
Tempat memulai: Di ruang tamu

LinkedIn resmi didirikan pada tahun 2003. Situs ini diluncurkan pada 5 Mei (disebut oleh karyawan sebagai “Cinco de LinkedIn”). Pada akhir bulan pertama beroperasi, LinkedIn memiliki total 4.500 anggota dalam jaringan. Kantor “nyata” pertama LinkedIn berada di Shoreline, Mountain View.

Website: eBay
Pendiri: Pierre Omidyar
Tempat memulai: Di rumah

Tidak banyak situs di internet yang dapat mengatakan dirinya sukses seperti yang dimiliki oleh eBay.

Nama eBay digunakan pertama kali untuk sebutan Echo Bay Technology. Ketika perusahaan mencoba mendaftarkan nama domain echobay.com, mereka menemukan nama itu sudah digunakan. Kemudian, mereka memendekkan namanya menjadi eBay.com, dan dari sinilah situs ini dilahirkan.

Website: Voltage
Pendiri: Rishi Kacker dan Matt Pauker
Tempat memulai: Di sebuah ruang bawah tanah

Rishi Kacker dan Matt Pauker bekerja pada perusahaan teknologi. Mereka mengikuti kompetisi rencana bisnis, dan akhirnya memenangkan kontes tersebut. Dengan bantuan beberapa eksekutif berpengalaman, keduanya menciptakan keamanan yang mengembangkan bisnis perangkat lunak, dengan lebih dari 130 pelanggan bisnis dan 75 karyawan.

Sesimpel itu mereka memulai bisnis dengan memanfaatkan tempat yang ada, garasi, ruang bawah tanah, ruang tamu, rang kantor, dapur, kamar tidur, apartemen, rumah orang tua, bahkan dari asrama/kamar kost. Manfaatkan apa yang ada untuk memulai ide-ide Anda, dan mulailah dengan langkah-langkah kecil, karena seribu mil harus dimulai dengan 1 meter pertama.

Related

Internet 6526931228821739898

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item