Kisah Orang Indonesia yang Jadi Tokoh Legendaris di Suriname

Kisah Orang Indonesia yang Jadi Tokoh Legendaris di Suriname

Naviri Magazine - Paul Somohardjo adalah seorang politikus berdarah Indonesia legendaris di negara Suriname. Pria ini pernah menjabat sebagai Ketua Parlemen Suriname selama 2005-2010. Ini jabatan politik tertinggi yang pernah diemban etnis Jawa di negara bekas jajahan Belanda tersebut.

Paul adalah mentor politik Raymond yang mencalonkan diri sebagai presiden Suriname. Bahkan, sebagai petinggi Partai Pertjaja Luhur, dialah yang menominasikan menteri perindustrian itu untuk maju merebut kursi presiden.

Pria 69 tahun ini sudah makan asam garam perpolitikan Suriname. Walau mayoritas penduduk Suriname adalah etnis kulit hitam asal Afrika, dia mampu mengamankan suara mutlak dari warga keturunan Jawa yang sebesar 15 persen populasi. Paul banyak mendapat dukungan lewat pemilih minoritas.

Sebagai generasi kedua perantau keturunan Jawa, Paul diminta melestarikan budaya leluhurnya. Oleh sebab itu, dia rajin berkunjung ke Jawa Tengah. Sebab, Paul mendapat informasi kakek neneknya berasal dari Semarang dan Surakarta.

"Saya bisa berbahasa Jawa kasar, tapi sama sekali tidak paham bahasa Indonesia," tuturnya sambil tergelak saat bertandang ke Jawa Tengah.

Paul pula yang berjasa mengundang seniman Jawa tampil di Suriname. Di antaranya adalah penyanyi campur sari Didi Kempot, maestro biduan keroncong Waljinah, serta pelawak Marwoto.

Related

Figures 8627350908798257076

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item