Mahasiswa Ini Menemukan Cara Mengendalikan Listrik Via SMS

Mahasiswa Ini Menemukan Cara Mengendalikan Listrik Via SMS

Naviri Magazine - Kini, mematikan dan menghidupkan listrik tidak perlu menggunakan sistem manual, karena semuanya sudah bisa dilakukan hanya melalui pesan singkat atau SMS (short massage service) hasil temuan seorang mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Penemunya adalah Muhammad Farrizar Andrijasa, mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Dari hasil riset dan penelitiannya, ia menciptakan alat pengendali listrik secara otomatis.

Bentuk pengendalian yang ditawarkan alat ini berupa pengaktifan dan penonaktifan perangkat-perangkat listrik dan elektronik yang berada di dalam rumah, misal lampu, kipas angin, televisi, AC, dan alat elektronik lainnya. Syaratnya maksimal 3 ampere atau sekitar 660 watt. Tapi, semua masih bisa disiasati, tergantung dari pemakaian. Untuk sementara memang masih sebesar itu.

Dengan menggunakan alat ini, seorang pemilik rumah dapat mematikan, menghidupkan, atau melihat status aktif maupun nonaktif dari perangkat-perangkat listrik dan elektronik yang ada di rumah, hanya dengan mengirimkan SMS ke suatu nomor dengan format tertentu.

Sistem kerja pengendali listrik via SMS

Sistem ini bekerja menyalakan dan mematikan lampu sesuai perintah SMS yang dikirim melalui ponsel.

Kemudian, oleh mikrokontroler, perintah ini akan dibaca dengan bantuan driver relay. Setelah dibaca oleh mikrokontroler dengan bantuan sensor, mikrokontroler akan menyalakan atau mematikan lampu sesuai perintah SMS yang dikirim.

Ada beberapa hal yang menjadi permasalahan. Di antaranya apabila ada penundaan pengiriman pesan oleh provider penyedia layanan seluler, maka sistem tidak akan merespons, sampai pesan tersampaikan.

Di samping itu, apabila sambungan listrik terputus dan membuat PC server mati, maka sistem akan mempertahankan kondisi lampu terakhir sebelum PC server mati.

Sedangkan untuk ponsel yang mendukung dijadikan server hampir bisa semua merek, rinciannya antara lain memiliki konektivitas kabel data, mampu membuat koneksi permanen dengan PC server, dan mendukung AT Command dan mode teks.

Untuk kartu provider, bisa menggunakan semua jenis kartu GSM. Berdasarkan beberapa pengujian yang telah dilakukan, tingkat keberhasilan sistem mencapai 95%.

Related

Technology 6449557724306619360

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item